Thursday, May 10, 2012

Cara Merawat Vespa

Assalaamu'alaykum. Hallo para pembaca. Disini gue pengen berbagi tips nih tentang cara merawat vespa (menurut gue sendiri). Tapi ntar kalo ada yang kurang, kasih-kasih saran lah, berbagi tips disini biar semua menjadi indah wkwkwk.
================================================================================================================================================

Langsung aja dimulai.
1. Merawat busi.

Busi sering mati ada beberapa penyebab, misalnya: masalah pengapian, banjir dan kerak busi.
Masalah pengapian. Busi mudah mati karena masalah pengapian yang gak maksimal. Cek dulu koil, kondensor, platina, kalo udah pake CDI coba cek pulsernya. Pulser berfungsi sebagai perantara CDI agar memercikan api. Kalo koil biasanya jarang rusak(asli). Kondensor, kalo kondensor udah rusak bisa-bisa mesin jadi "mbrebet-mbrebet". Platina, cek kondisi platina, jarak ideal adalah 0,5mm. Jarak platina kejauhan ga bisa memercikkan api dengan maksimal, kalo terlalu dekat bisa "njebret-njebret" bret. Nah itu semua tadi yang bisa menyebabkan busi gampang mati.

2. Cek Pengapian.

Ada di postingan yang lama hehehe...

3. Mika Speedometer

Cara merawat mika speedometer yang retak-retak karena terkena pengaruh suhu yaitu mengoleskan oli pada mika dan tunggu beberapa menit, retakan-retakan kecil tersebut akan tersamarkan. Seperti kalo pake krim wajah(bagi yang pake) biar noda tersamarkan. Wkwkwk...

4. Membersihkan Karburator.

Membersihkan karburator gak usah sering-sering. Kalo terlalu sering bongkar pasan ntar bisa-bisa komponen-komponen karburator aus. Pertama, bersihkan dulu filter penyaring debu. Pake apa aja yang menurut kalian bisa buat bersihin. Bensin, solar, minyak tanah, pertamax, asal jangan pake oli bekas. Tidak dianjurkan pula menggunakan shampoo bayi merk apasaja. Kedua, bersihkan karburator. Caranya, lepas perlahan baut-baut yang ada di karburator. Jangan lupa tutup kran bensin dulu ya. Gunakan kunci yang sesuai agar alat-alat tersebut biar gak gampang "dol". Lepas komponen-komponen karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih(bukan cairan pembersih WC), biar gampang gunakan cairannya bensin. Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet, dan yang lainnya. Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal/karet pelindung, tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat, agar nanti saat pemasangan tidak bingung mencarinya. Kalo udah terlepas semuanya maka bersihkan karburator dengan kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi bisa pake kompresor bisa juga pake pompa tangan. Gunakan amplaz halus untuk membersihkan kotoran(debu yang bercampur dengan segala macam kotoran hewan) pada spuyer-spuyer, Jangan terlalu banyak mengamplaznya, karena dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer. Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyernya. Kalo bisa ya pake obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng. Oke bro! 

5. Membersihkan Kerak Bensin di Tangki.

Yang pertama, di kuras dulu bensinnya. Lepas baut kran. Kalo udah cuci pake air bersih. Terus di jemur di bawah panas matahari. Kalo dirasa udah kering segera ambil tangki tersebut kemudian pasang lagi seperti semula. Proses menjemur juga harus dilakukan pengawasan agar tangki tidak terbang ke bak gerobak rongsokan.

6. Mencuci Vespa.

"Cuci Vespamu sendiri. Karena Vespamu adalah pusaka dan bagian dari dirimu sendiri". 

Demikian Tips-tips yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Karena kebenaran hanya berasal dari Tuhan. Wassalaam...

4 comments: