Saturday, March 12, 2011

Masalah Pengapian Pada Vespa dan Penyelesaiannya

Pengapian Vespa juga berdampak pada laju motor bahkan bisa-bisa motor gak bisa hidup lho, susah starter motor, kendala pengapian biasanya berada pada stelan platina yang gak bener, bisa juga salah satu perangkat pengapian seperti busi, koil, platina, kondensor, spul pengapian ada yang sudah gak layak pakai atau mati.
Penyelesaian: 
Lihat kondisi busi, bila ujung berwarna hitam busi akan lemah dalam memercikkan api atau bisa juga gak ada percikan api. Solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet & main jet, kalau warna ujung busi merah bata maka periksa ke bagian yang pengapian yang lain. 
Periksa Koil. Koil yang layak pakai kalau kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke mesin kira-kira 5-8 mm masih ada letupan api berwarna biru, kalau  percikan atau letupan api tidak berwarana biru, tapi berwarna merah, ini berarti stelan platina tidak benar atau koilnya yang memang sudah lemah, letupan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina.


Periksa Platina. Penyetelan platina yang benar, jarak renggangan antara konektor minus dan plus kira-kira 0,5mm menggunakan obeng min, perlu di ingat bahwa penyetelannya jangan di ketok karena ini akan mepersingkat umur pakai platina karena antara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga berkaitan dengan kondisi kondensator.
Periksa Kondensator. Pemeriksaan kondensator amatlah mudah apabila terjadi letupan api di platina, ini dikarenakan kondensator sudah tidak layak pakai, ganti kondensor atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lain atau sistem kondensator di double dengan ukuran kondensor yang sama yaitu 2 farad.
Yang terakhir cek spul pengapian [ gambar di atas kondensor ], masih layak pakai atau harus ganti yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendur, spul putus. Apabila semuanya stabil maka wajib memeriksa nap pur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak, lihat juga kondisi rotor, masih bagus atau tidak, ukuran nap pur mestinya 21 derajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.

142 comments:

  1. Hanya sedikit... tapi saya akan belajar lagi...

    ReplyDelete
  2. ijin bertanya komandan,,,
    Vespa saya P150S Platina ndan..mati tiba2 dengan gejala awal mbrebet seperti vespa kehabisan BBM / kaburator kesumbat ( BBM ga lancar )...tapi hanya pada saat posisi GIGI 4 & saat posisi Gas Penuh..

    Karena jalannya BBM vespa ngadat2,saya Gas Pol...dgn maksud biar BBMnya bisa lancar,alhasil bukannya lancar malah KO Vespa ku.

    Busi sudah ganti baru, Koil juga sudah ganti baru dan usaha dengan dorongan sudah saya lakukuan,namun hasilnya ttp NIHIL..

    Ketika Busi saya tempelkan ke Body Mesin,tidak ada Apinya ndan,namun Lampu hidup ketika saya Engkol..

    Apa jenis penyakitnya dan bagaimana cara menyembuhkannya ndan?
    Terimakasih banyak ndan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon izin untuk tau jawaban di atas apa yaa min?

      Delete
    2. Gan bagi jawaban nye gan, sama masalah nya nih.

      Delete
    3. Vespa saya sama seperti loyta 1980 apa yah masalah nya bisah di bantu

      Delete
  3. @LOYTA #1980 sudak saya balas di email :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah saya sama kaya loyta mang....minta solusi juga donk..please..hehee

      Delete
    2. @Panglejar: Mbrebet? Busi item padahal koil bagus? Gaspol malah KO seperti karburator kesumbat?

      Cek Platina, Stel Ulang/Ganti jika sudah dirasa habis masa kerjanya. Itu adalah salah satu hal yang bikin vespa jalannya tersendat. :)

      Delete
    3. Rahmandhita Fikri Sannawira kirim lah ke e-mail saya mang
      masalah vespa saya sama seperti LOYTA #1980

      Delete
    4. @Defflover: Sudah admin kirim ke email... :)

      Delete
    5. Sleepscooter ID makasih bang,. salam vespa kabanjahe, vespa medan

      Delete
    6. Rahmandhita Fikri Sannawira kirim lah ke e-mail saya mangmasalah vespa saya sama seperti LOYTA #1990

      Delete
    7. Mungkin ini bisa menjadi soIusi untuk mas @Rizki Hadinanta: ini disebabkan beberapa hal diantaranya: Pengapian, periksa pengapian,
      jika busi terlihat hitam maka ada masalah pada pengapian yang mungkin
      terjadi pada platina, koil, pada kondensor, bisa juga karena
      karburator yang kotor. Kemudian periksa juga deksel, biasanya terjadi
      kebocoran seperti rembesan bensin yang mengakibatkan banjir pada mesin
      vespa. Hal ini menyebabkan vespa sulit untuk dinyalakan. Periksa pula
      tangki bensin, jika terdapat kotoran (biasanya kerak bensin),
      bersihkan, Karena ini menyebabkan terhambatnya aliran bensin yang
      mengakibatkan respon mesin berkurang. Periksa juga spuyer, jika ada
      kotoran kecil saja yang menyumbat ini juga berpengaruh pada laju
      vespa. Jika pengapian sudah baik maka pembakaran juga baik dan bahan
      bakar juga akan lebih irit. Selamat mencoba. 1 scooter 1 juta
      saudara....

      Delete
    8. Ijin ndan saya jga kenadala seperti itu, motor saya lampu idup...
      Tapi pengapian listrik kaga ada ,itu prnyebap'a apa ndan?

      Delete
  4. P150s platina:
    gan vespa saya kalau dalam keadaan panas mati mendadak, kalau sudah dingin hidup lagi tapi kalau lansam mudah mati,
    bahkan pengapianya bisa hilang,, tapi kalau dingin muncul lagi pengapianya...

    tolong solusinya gan

    ReplyDelete
  5. coba cek semua komponen pengapian di atas, mungkin salah satunya ada yang tidak beres. Kalo masih platina biasanya platinanya nempel satu-sama lain jadi ga bisa memercikkan api. Solusinya stel ulang platina sampai benar2 pas, jangan terlalu jauh dan jangan pula terlalu dekat. Jarak standart pabrik 0.5mm.

    ReplyDelete
  6. gal GL 100 ane msih pakek platina,,kalau di ganti ama cdi perlu waktu berapa lama?dan yg perlu di ganti apa saja?
    dan yg cocok cdi apa ?terimakasih

    ReplyDelete
  7. Kalo cuma ganti platina ke cdi paling 1 hari jadi. Kalo Cdi yang bagus ya dari pabrikan motor itu sendiri karena sudah disesuaikan dengan motornya.

    ReplyDelete
  8. all motor vespa gw kok mogk mulu ya padahal gw udah ganti busi nya

    ReplyDelete
  9. pagi kwan,,vespa sy bermasalah,sama persis sprti vespa bro loyta diatas...vespa sy sprint...saat melaju di gigi 4 dan di gas full...tiba2 lngsung mberebet..kyk khabisan bensin gt..lngsng mogok deh...pdhl hbs turun mesin tuh kira2 udh sebulan lalu...
    Mnt solusinya ya gan..
    Mksh

    ReplyDelete
  10. @Ciwawa: Terkadang koilnya bermasalah, karburator kotor, Platina juga bermasalah, coba cek ketiganya...

    ReplyDelete
  11. @Mas Agus Kuncoro: Cek apung-apungnya mas, saya pernah kejadian seperti itu. Pelampung bisa kemasukan bensin, bisa juga gak balik lagi ke atas karena kotoran, nah pas itu bensin tidak mengalir dengan sempurna sehingga pada saat di gas yang membutuhkan bahan bakar banyak pada saat itu juga suplai bensin juga tersendat, dan itulah yang mungkin mengakibatkan pada saat vespa di gas menjadi malah seperti kehabisan bensin. Solusinya cek pelampung, bersihkan karburator...

    ReplyDelete
  12. kalo saya gejalanya persis kayak LOYTA #1980 , udah ganti koil juga, cuma bedanya businya mau keluar apinya , tapi mesin tetep mati

    tolongin ya bro
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Platina masbroo. Mungkin udah selesai masa kerjanya...

      Delete
  13. mas bro..mungkin tau penyakit geboy sya..sy punya vespa th 64 skrng nda ada tenaganya, awalnya nembak dari karbulator trus di otak atik ilang, trus ganti seher nah pas abis itu nda ada tenaganya..kalo lagi diam enak di gasnya tapi pas jalan nda mau lari..coil ok,busi n platina ok, kondensor dah di ganti..ntu geboy gampang idup sekali engkol langsung idup..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bensinnya keluar banyak(muncrat)nggak dari karbu? Kalo iya... coba cek penghisapannya mas...

      Delete
  14. gan.....vespa ane lagi ngambekni, 1. kalo di pake lari dan gas konstan dia slalu mati, kaya nge gym gitu, di diemin bentar dia nyala lagi....kenapa ya gan?????? 2. baru kemaren ni gan dia mogok kaya pengapian gak ada sama bensin ga ngalir itu kenapa ya gan??? 3. berapa besar si pengaruh magnet pada pengapian...... tolong ane gan, baru megang vespa ni, jadi bingung.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, masalah no. 1 saya pernah mengalami tapi pendapat saya ini belum pasti karena saya juga masih belum tau pasti solusi/penanganannya, menurut saya, itu mungkin karena mesin terlalu panas, disebabkan karena kekurangan oli mesin. Mungkin ada perpak yang bocor sehingga mengakibatkan oli mesin me-rembes keluar secara perlahan. Atau mungkin juga karena magnet sudah habis masa kerjanya. Masalah no. 2 Cek semua komponen pengapian, koil, platina, kondensor, busi dan saluran bensin mulai dari tangki, kran, selang sampai ke karburator, mungkin ada yang kotor. Kalau sudah diperiksa tapi masih ada yang belum beres, hubungi bengkel terpercaya terdekat...

      Delete
  15. vespa sya ps 150 '80 an gan.. .
    tp gak bisa lari kenceng... .sukanya nyendat-nyendat gitu.... .??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek komponen pengapian. Cek saluran bensin. Cek juga kawat presneling dan kopling. :))

      Delete
  16. bro, vespa ane super th 76, setiap kali menghidupkan agak susah,setelah beberapa kali selah trus nembak, nah setelah nembak baru mau hidup ntu motor, kira2 penyebabnya apa?
    thanks yo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek platina mas. Jarak antara renggangan platina itu sama dengan tipisnya penggaris stainless (0,5mm). Mesin nembak juga bisa juga terjadi karena perubahan ukuran ujung busi akibat busi terjatuh atau di hentakkan ke lantai...

      Delete
  17. om vespa saya exclusive cdi ga ada api tapi kalo didorong masuk gigi 2 mau nyala,
    saya bongkar hari yang lalu ganti gigi selaan, pas bongkar magnet ternyata plat yang nempel sama pinggiran dalam magnet kendor dan lepas, apa karna itu? terima kasih om

    ReplyDelete
  18. om.. Vespa ane stang nya goyang2 , kenapa ya.. mohon bantuanya..

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Gan,,,aq punya vespa sprint,trus knpa nga bisa langsam jalan nya,,mau di gas,,pasti brebet,,tp klo di engkol mudah aja nyala nya,,,tlng na gan

    ReplyDelete
  21. @Bang Andrie: Ada beberapa kemungkinan bang: busi kotor, karbu kotor, kampas kopling mau abis juga biasanya gitu. Bisa juga stel karbunya terlalu irit...

    ReplyDelete
  22. Gan......gimana cara nyeting pengapian px 150 CDI?

    ReplyDelete
  23. Kok di setting CDI'nya mas? settingan CDI sudah standart pabrik jadi sepertinya nggak perlu di setting lagi. Kemungkinan itu ada komponan pengapian lain yang bermasalah...

    ReplyDelete
  24. mas kalo cara ngecek CDI vespa msh bagus ap nggak gmn carany?

    ReplyDelete
  25. Gan, platina keluar api menyebabkan mesin sering brebet. Kalo posisi netral dan langsam, ditekan kopling biasanya sering mati. Saya sudah ikuti petunjuk Agan tentang masalah di kondensor, saya ganti baru punya super. Masalah masih sama. Kira kira apa yang menyebabkan api keluar di platina selain kondensor? Stelan platina sudah 0.5mm. VBBII 1965.Terimakasih.

    ReplyDelete
  26. Mas Agustian: Malah kalo gak ada percikan apinya biasanya platina malah mbrebet mas. Mungkin itu bukan kondensor atau platina. Magnet/kipas yang sudah hampir habis masa kerjanya bisa menyebabkan hal itu terjadi. Kemudian jika netral dan langsam bagus tapi kalo ditekan kopling mati, itu biasanya kawat kopling kendur atau kampas kopling hampir habis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan mau nanya nih , mesin susah hidup . pas di kick stater suaranya mlepek kayak bensin banjir , tapi gag banjir kog dan karbu pun kering .selesai kick stater mesin nembak gitu aja , kipas muternya balik arah . sudah saya ganti coil apinya bagus begitu juga spi magnet nya kondensor lapis 3 farad .
      setelan platina sudah disesuaikan pake fuller gauge , Super 74 . mohon pencerahannya , Terimakasih .

      Delete
  27. @Mas Iwan grand: Kipas muter terbalik itu masalah pada top atw napurnya geser awas bisa2 jalannya mundur pas masukin gigi. Prinsipnya pengapian yang tidak normal berakibat letupan yang membuat kipas berputar ke arah yang berlawanan...

    ReplyDelete
  28. bang, cara pake CDI spaya awet makenya gmna? dan cara bisa tw gmna ngecek CDI msih bagus atau enggak gmna? punya saya PX 1987 kalo udah panas mesinyaa sring CDInya lngsung mati,, minta solusi nya spaya gmpang awet CDInya donk,,,

    ReplyDelete
  29. bang, cara pake CDI spaya awet makenya gmna? dan cara bisa tw gmna ngecek CDI msih bagus atau enggak gmna? punya saya PX 1987 kalo udah panas mesinyaa sring CDInya lngsung mati,, minta solusi nya spaya gmpang awet CDInya donk,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Ridwan: Pemakaian CDI memang lebih gampang, namun ia akan mengalami masah ketika ada komponen CDI yang rusak/putus bisa di cek menggunakan multitester. Kemungkinan CDI rusak/mati bisa disebabkan karena umur atau saat melepas Rotor (bila dipasang di dalam rotor), CDI secara tidak sengaja tersenggol. Kalo mesin sehat, CDI pasti sehat juga karena tidak akan ada masalah pada CDI jika tidak tersenggol saat melepas rotor atau terkena dampak lainnya.

      Delete
  30. vespa ane gak bisa langsam , karbu nya udah di coba pake punya orang laen tapi tetep aja gak bisa langsam , knapa ya ??? apanya lg yg mesti di cek ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belah mesin, periksa hisapan, sil as kruk biasanya juga kemakan. Busi cepet mati nggak om? Kalo iya, positip sil as kruknya ada masalah...

      Delete
    2. gan percis sama kayak mogor saya gan .motor nga bisa langsam,busi cepet mati baru jln brpa 10km dah harus ganti lagi gan.apa penyebab utamanya gan?
      trus motor melaju tersendat sendat ada bunyi ledakan di ruang pembakaran yg gan gimana solusinya terimakasih

      Delete
    3. Penyebabny antara lain:

      Karburator kotor, kemungkinan besar ada kotoran di karbu, cek spuyernya juga. Bersihkan juga tangki bensin-selang-pelampung.

      Delete
  31. bang bagaimana cara agar vespa keluar pengapiannya maksud saya pengapianya itu ngak ada biar sedikitpun ngak muncul bagaimana caranya agar muncul bang....??? kalau abang mau jawab cari di facebook aku aja buserputralaoegi@rocketmail.com

    ReplyDelete
  32. @Aditya: Jawab disini aja gimana mas? Hhehehe

    1. Cek koil pake tester.
    2. Periksa Platina, terlalu renggang atau terlalu rapat bisa jadi gak mau keluar apinya, kalau terlalu rapat biasanya malah akan terjadi letupan "jebrett".
    3. Bisa juga itu konslet atau ada kabel yang terkelupas kemudian menempel pada bodi vespa anda.

    Silahkan dicoba periksa, mungkin vespa anda ingin lebih disayang. Jadi agak ngambek :))

    ReplyDelete
  33. Vespa sy sprint th 74 gejalanya klo d gas ngempos sperti tenaganya hilang dan d buat jln gk bisa lari jd kyk siput itu knp bro. Ad yg bilang magnitnya lemah ap btul? Dan ciri" kipas magnit lemah g mna bro? Makasih slm mesin kanan :-)

    ReplyDelete
  34. Bisa karena magnetnya lemah, bisa juga karena spuyernya kotor jadi aliran bensin nggak lancar.
    kalau sudah dicurigai bahwa magnetnya udah nggak bagus ya terpaksa ganti. Ciri fisik magnet yang sudah lemah tidak bisa dilihat begitu saja secara kasat mata kecuali memang sudah ada yang hafal betul ciri magnet yang lemah. Pada umumnya magnet yang sudah lemah berdampak pada laju Vespa yang "gembos" ketika di gas secara tiba-tiba...

    ReplyDelete
  35. om mau nanya knpa vespa saya tiba" ga nyala trus ga ada api nya itu knapa om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Om Rackil: Kalo masih pake platina, biasanya platinanya mati, bisa juga platina kendor om atau sudah habis masa kerja platinanya. Kalo pakai CDI bisa jadi CDI sudah habis masa kerjanya. Yang paling sepele dan nggak pernah terpikirkan, bisa jadi kabel bodi terkelupas dan menyentuh permukaan bodi yang terbuat dari besi sehingga terjadi konslet. Coba cek dulu platina/CDI, koil juga di cek juga ya om...

      Delete
  36. Om vespa p150s q pke cdi..
    Vespa q kalau mesinx panas tiba2 lngsung mti trus law q engkol kga bisa nyala pengapianx kga ad law dingin mesinx bru bsa nyala pdlh coil.cdi dh gnti trus busi msih bgus.pncmpuran bnsinx jg bgus n dh d cuci karbux..
    Tuw msalahx pa sih om trus mesti apAx yg dprbaiki..

    ReplyDelete
  37. @Saepul Anwar: 1. Kampas kopling (hampir) abis.
    Kalau kampas kopling (hampir) habis, biasanya kalo si selah itu mlesat selahannya.
    2. Magnet sudah mulai minta pensiun.
    Magnet yang rusak memiliki pengapian kurang sempurna juga bisa berdampak pada saat vespa di selah, walaupun tidak terlalu terasa dampaknya. Karena magnet yang seperti itu bisa terasa dampak kerusakannya pada saat vespa dibawa jalan...

    ReplyDelete
  38. ndan... ane pny si excel 2002, akhir2 nich dia klo diajak jalan2 tiba2 ngadat sprt khabisan bbm stlh ane nunggu beberapa menit dia mau jalan tp g jauh ngadat lagi. ane sdh lakukan pembersihan tanki, slang, kalbulator + pegantian busi. tp msh tetep aja ngadat. mohon bantuannya ndan buat ngobatin penyakit si excel.

    ReplyDelete
  39. @Yunus Sasuke: Kalau nggak kepanasan ya sil as kruknya bro, coba cek oli mesin dulu bro. Kalau itu beres, ya coba cek sampai dalam mesinnya. Kalau menurut saya sih itu karena terlalu panas, sehingga mesin mati dengan sndirinya.

    ReplyDelete
  40. agan smua, ane minta tlng, vespa ane dah ganti cdi, skrng pengapianya kadang muncul kadang ilang, muncul cmn 1x doank percikan d busi trus ilang, kira2 itu apanya ya??? mohon pencerahanya... harus ganti cdi? koil? sepul? apa pulser??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Abdul Gafur: Kemungkinan cdi anda terdapat masalah. Anda pasti pernah dengar bahwa "jika model pengapian vespa diganti dengan CDI maka pengapian akan menjadi bagus", itu tergantung pemakainya. Memang menggunakan CDI lebih praktis karena tidak perlu menyetel berulang2 seperti platina, namun jika ada salah satu komponen dari CDI rusah, maka pengapian di Vespa akan terganggu sehinga laju Vespa juga tersendat bahkan bisa mati.

      Ada baiknya cek semua komponen pengapian anda secara berkala agar Vespa dapat berjalan dengan nyaman tanpa ada gangguan dari pengapian yang membuat laju Vespa menjadi tersendat...

      Delete
  41. mas mau tnya nih, . .
    vespa p150x aku belikan koil baru, krna yang lama dh gk bisa dipake lg, tp aku salah beli yg kubeli koil vespa px. waktu kupasang koil nya ke vespa p150x malah gk ada apinya mas. emang beda ya mas koil vespa px sama koil vespa p150x?

    mohon bantuannya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Azzahra: Sama kok, Vespa PX itu ya P150X itu. Coba di cek lagi koilnya... :)

      Delete
  42. salam kunci busi
    permisi om, numpang tanya, vespa saya kmren sempat hilang pengapiannya. setelah itu saya coba ganti platina sama coilnya juga. terus enakan. setelah 5 hari eh ternyata nembak2 juga. padahal busi baru. kanpa ya om. memenag didalam magnet ad kabel dari spull yang agak sedikit luka. apa itu penyebabnya. untuk pengapian dah OK. tapi tetap masih nyendat terus nembak2 juga.

    ReplyDelete
  43. dibawa laju mah normal. dibawa slow malah nyendat2 terus pas mau ngidup pertama terkadang nembak2. businya cendrung hitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. @parizal: ya, busi hitam memang biasanya disebabkan karena pengapian kurang baik, namun disamping itu penyebab lain dari busi hitam adalah karburator yang Kotor. Kemungkinan itu terjadi dikarenakan kawat spul yang lecet juga bisa terjadi. Jadi sebaiknya periksa tiga hal tersebut.

      Delete
  44. Gan Vespa P150E Pakai karbu RX King. Awalnya enak banget gak ada problem selama 2th dipakai. Tapi sekarang brebet dan mumet nyalainnya. Saat di gas awal-awal brebet... Gak langsung greeng. Saya coba pakai karbu baru, tetep aja. Kalau jalan lajunya ngebut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Moh Rifki: Pemakaian karbu besar seperti "RX King" misalnya, membutuhkan penyesuaian mesin juga pemakaian. Jika mesin dan pemakaian tidak seimbang dan sesuai dengan kemampuan mesin, maka pemakaian karbu tersebut hanya akan bertahan dalam jangka pendek saja. Memang pada awalnya mesin akan terasa sangat ringan, namun secara tidak langsung itu juga merupakan "pemaksaan" pada mesin sehingga lama-kelamaan kerja mesin lebih berat walaupun tidak begitu dirasakan. Jadi pemakaian karbu besar seperti milik RX King misalnya, juga memerlukan upgrade mesin agar seimbang antara kerja karbu dan mesin.

      Delete
  45. Bang sleepscooter sy jg pny masalah kyk yg dialami sm bang loyta. Minta bantuanya dong bang. Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Syahrul Falah: Hal itu disebabkan beberapa hal diantaranya; Pengapian, periksa pengapian, jika busi terlihat hitam maka ada masalah pada pengapian yang mungkin terjadi pada platina, koil, pada kondensor, bisa juga karena karburator yang kotor. Kemudian periksa juga deksel, biasanya terjadi
      kebocoran seperti rembesan bensin yang mengakibatkan banjir pada mesin
      vespa. Hal ini menyebabkan vespa sulit untuk dinyalakan. Periksa pula
      tangki bensin, jika terdapat kotoran (biasanya kerak bensin),
      bersihkan, Karena ini menyebabkan terhambatnya aliran bensin yang
      mengakibatkan respon mesin berkurang. Periksa juga spuyer, jika ada
      kotoran kecil saja yang menyumbat ini juga berpengaruh pada laju
      vespa. Jika pengapian sudah baik maka pembakaran juga baik dan bahan
      bakar juga akan lebih irit. Selamat mencoba...

      Delete
    2. Om..saya ada masalah yg sama dengan om loyta.tapi ga cuma gigi4 aja, digas gede geter smua plus brebet.nah kemaren habis ganti spul pengapian,platina,kondensator dan udh bersihin kaburator. Kira2 apa yg mesri dicek lagi ya om?mohon petunjuknya...

      Delete
    3. Oiya om..vespa saya sprint taun 77.msih nubi..hehehe...

      Delete
  46. om vespa saya px1979, block mesin panasnya tidak wajar, emank sih baru boring..
    tapi sangat dasyat panasnya, hingga mengeluarkan uap panas dan asap..
    mohon solusinya dan pencerahannya sedulur semua.. terima kasih yaa
    salam assappp

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas Handika Romeno: Kemungkinan oli mesin anda tinggal sedikit, biasanya disebabkan karena packingnya bocor, jadi oli merembes keluar. Jika oli mesin sedikit, otomatis panas yang terdapat di mesin tidak diimbangi dengan oli sehingga mesin menjadi lebih cepat panas, coba cek packing anda, jika terdapat rembesan oli yang keluar dari mesin, itulah penyebabnya kenapa mesin anda cepat panas...

      Delete
    2. Mas knp vespa sy kalo keadaan mesin dingin sy sela pasti ngegarung gt , padahal lansam udh d kecilin bgt . Sil kruk as baru ganti , ekslusif make karbu 26.26 . Knp ya om

      Delete
    3. @mas Anu bibi: Coba ganti kawat gas atau periksa skep karburator, kalo seret bisa gede sendiri gasnya karena nggak mau balik ke normal.

      Delete
  47. Pak admin, minta informasi nya ukuran pilot jet dan main jet yg paling tepat untuk carburator 2020D
    Thanks sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas Hadi: Ukuran yang paling tepat tergantung maunya pengguna mas, atau pakai standartnya karbu px aja misalnya (120-160).

      Delete
  48. Permis mas, vespa saya sprint tahun 76. Waktu digas, gasnya semacam mau mati gitu. Tiba tiba jadi rendah banget. Jalan sedikit kaya kehabisan bensin. Terus mati. Itu kenapa ya? Busi udah diganti baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas Fajar: Ada kemungkinan magnetnya mau habis mas, coba cek magnetnya di bengkel. Kemudian coba periksa semua bagian karburatornya mas jika ada kotoran itu bisa menghambat aliran bensin untuk pembakaran. Cek juga pengapian mas; koil, kondensor, busi, platina (kalo masih platina)

      Delete
  49. Permis om , saya mau nanyak knp vespa saya kurang tenaga om
    Mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yuhyil: Gak bertenaganya gimana om? Coba cek pengapian, kipas/magnet, karburator, sekhr, itu tadi beberapa yang bisa menjadikan vespa menjadi nggak bertenaga kalau ada masalah disitu...

      Delete
  50. Gan Bisa minta Pin BBM / What's up / Line / Nomer hape yang bisa dihubungi dong
    Saya juga punya Vespa Warna putih Udah Sekitar 5 tahun tidur digarasi .
    Terakhir Masalahnya karena kayak ada campuran Wipol gitu ( pembersih lantai ) Dan kalau bisa minta saraaan lain biar Awet nih Vespa saya yang sudah Lama tidur :)
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Clara Ningsih: Kalo mau ngobrol, kirim emailnya aja sleepscooter@gmail.com nanti saya kasih tau pin/wa thanx...

      Delete
  51. Gan, mau tanya, Vespa p150x cdi , kalo start awal suka brebet dan d gas tuh Mati, tapi kalo d miringin ke kanan lancar" ajj, d lurusin ato miringin kiri malah mati, tpi klo udah jalan dan panas jadi lancar, pdahal karbu udah bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Gan: Cek saluran bensin gan, mungkin kotor karena kerak dari tangki. Cek kran tangki, cek selang, cek deksel, cek spuyer. bersihkan. semoga bermanfaat...

      Delete
  52. Mas mau nanya, kalo pespa super stasioner / idle nya besar, gak bisa di kecilin dan nggak mau di stel karbunya itu knapa ya mas?
    Pengapian berpengaruh nggak mas

    ReplyDelete
  53. Brur mau nanya soal konekan kabel spul vespa PS CDI ada lima kabel 1ijo gede, 2,item gede 3,biru 4,ijo putih 5,putih nah itu kabel yg buat strum nya yg mana buat yg lampu mana,buat CDI yg mana? Mohon pencerahan nya.

    ReplyDelete
  54. maaf om, boleh bagi nama facebooknya nggak?
    biar mudah sharingnya ama buat nambah wawasan skalian

    ReplyDelete
  55. Salam mesin kanan, om ane punya exel 94, pengapiannya suka hilang om, nyoba pakai koil exel temen juga gak ada apinya, tapi ntar di biarin berapa hari muncul lgi apinya, itu kenapa ya om? Mohon solusinya

    ReplyDelete
  56. om saya habis dapet exclusive 2, dan baru ganti seher...saat jalan mesin jadi sering panas sampe pernah macet(gancet). setelah dingin bisa nyala lagi terus di tambahin oli biar mesin gak terlalu panas.
    tapi pernah juga pas di awa jalan ada bunyi aneh ( dog dog dog) pas berhenti gak da suara aneh lagi, coba di goyangin ban belaanh tp normal gak ada yg oblak...apa itu bunyi dari daleman mesin atau dari luar mesin?.... ketika kecepatan ditambah ritme bunyinya seakin kenceng tp saat berhenti gak ada suara lagi.mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Om saya mau nanya, saya punya vespa excel di jalan pernah jatuh setelah itu motor selalu brebet, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  59. [punten lur..kalo boleh nanya...knpa vespa say tiba2 mati..pdalah sebelumnya aman2 aja..saya cek pngapian lancar..bensin juga lancar..tpi eh knapa gx bsa idup lur..udan ane slah bberapa x tpi ttep aja gx mau idup luur...ganti busi udah,,eh ttep bae gx mau idup..tolong pencerahanya luur

    ReplyDelete
  60. [punten lur..kalo boleh nanya...knpa vespa say tiba2 mati..pdalah sebelumnya aman2 aja..saya cek pngapian lancar..bensin juga lancar..tpi eh knapa gx bsa idup lur..udan ane slah bberapa x tpi ttep aja gx mau idup luur...ganti busi udah,,eh ttep bae gx mau idup..tolong pencerahanya luur

    ReplyDelete
  61. Lur mau tanya, ane baru bgt megang vespa jd awam bgt, vespa ane sprint 76, permasalahannya klo nyala gampang disela cuma beberapa meter nanti mati lg kayak ngempos. Klo udah nggk dipake sehari dua hari enakan bisa dipake jauh tp pas udah agak lama kambuh lg deh, coba pernah iseng cek busi item bgt, kata org2 sepuyer sama mainjetnya di bersihin, udah dicoba cuma nihil, kira2 permasalahannya dimana ya lur dan apa solusinya? thanks

    ReplyDelete
  62. mau tanya ni min,,,,
    vespa saya super platina,,,

    gini masalahnya mas admin,,,
    coil aq ganti pake punya yamaha RX King,,platina baru,,,
    api dari coil warna biru ke ungu2an,,, busi baru dicoba api juga warna biru ke ungu2an,,,

    tpi kenapa klo di geber batuk2 trus,,stelan platina sudah pas,,,??
    apa ada pengaruh dari coil yg pke pnya RX King ya??
    mohon bantuan min,,,
    saya bingung harus gmna,,,
    terima kasih mas admin,,,

    ReplyDelete
  63. Salam kenal om..vespa ane super'78..problem nye sama kyk agan @loyta,saat digeber rpm tinggi posisi gigi 3-4 brebet trus tewas..mohon sarannya..terima kasih

    ReplyDelete
  64. Gan mau tanya vespa saya stiap hidupin sklar lampu ato reting mtor tiba" kehilangan api,kyak kunci kontaknya off,mhon bantuannya gak

    ReplyDelete
  65. om mau nanya nih. vespa saya bajaj deluxe gak mau nyala lagi setelah head nyekit karna overheat. api gede,busi baru,karnu set udah bersih....tapi tetep gak nyala juga.mohon pencerahannya om

    ReplyDelete
  66. Numpang nanya dong bang, vespa gua kenapa gaada pengapiannya yaa cuman kalo gua tempelin tespen tespennya nyala? Itu penyebabnya dimana yaa?

    #tolonginformasinya

    ReplyDelete
  67. mau nanya nih gan....kalo vespa excel tahun94 gak pake spul ama magnet,bisa idup apa nggak yaa? mohon dijawab gan

    ReplyDelete
  68. om tolong pencerahan nya pespa saya bajaj koil udah di ganti tapi api nya gak ada total apa mungkin cdi ny ya... tolong pencerahan nya

    ReplyDelete
  69. Salam mesin kanan. Mau nanya nih om dan mohon pencerahannya
    Vespa saya excel , busi saya sering mati sy ganti busi paling lama 3 hari mati lagi. Warna busi hitam carbon, saya sdh coba ganti CDI dan spull pengapian di ganti tetap aja gt. Kmrn sy coba ganti coil . Tetap juga gt, saya ganti karbu tetap aja gt. Spuyer minyak saya pake no 100 , spuyer angin 50... dah banyak teman sy tanyai dan di bantu tetap aja gt.. oli sdh sy cek dengan cara membuka baut masuk oli sambil mesin hidup hasilnya langsam bagus dan oli menetes seperti biasa , kira2 apa ya om yg bisa saya coba lagi, dah buntuh nih om
    Mohon bantuannya bagi teman2 yg lain yg pernah mengalami kasus seperti saya ini

    ReplyDelete
  70. Gan kenapa yah vespa exclusive saya kalo lagi di pake udah panas suka kaya ceket trus mati,,, tapi gausah nunggu dingin langsung selah gampil nyala..kira2 masalahnya bener ceket atau apa yah,,?? Sama ngobatinnya gimana,, mohon pencerahannya))

    ReplyDelete
  71. Mau nanya ni vsepa ak ga mau hidup pengapian nya besar dan bisa nambak2 juga

    ReplyDelete
  72. Numpang tanya nih suhu, vespa saya super bajaj 77 dan saya baru aja naik mesin (naik seher, ganti laher2 krukas, ganti spul, ganti paking mesin, sasis mesin dll) pas motor saya udah beres turun mesin niatnya mau saya tes, saya ajak muter2 santai kisaran 7km . Nah tapi pas saya lagi jalan santai vespa tiba2 mati(ngempos/gamau digas) namun kelistrikan semua normal biru pula . Saya sudah coba ganti busi pake denso tp ttp sampe skrng masih gamau idup. Kenapa yah?

    ReplyDelete
  73. ijin bertanya komandan,,,
    Vespa saya P150S Platina ndan..mati tiba2 dengan gejala awal mbrebet seperti vespa kehabisan BBM / kaburator kesumbat ( BBM ga lancar )...tapi hanya pada saat posisi GIGI 4 & saat posisi Gas Penuh..

    Karena jalannya BBM vespa ngadat2,saya Gas Pol...dgn maksud biar BBMnya bisa lancar,alhasil bukannya lancar malah KO Vespa ku.

    Busi sudah ganti baru, Koil juga sudah ganti baru dan usaha dengan dorongan sudah saya lakukuan,namun hasilnya ttp NIHIL..

    Ketika Busi saya tempelkan ke Body Mesin,tidak ada Apinya ndan,namun Lampu hidup ketika saya Engkol..

    ReplyDelete
  74. ijin bertanya komandan,,,
    Vespa saya P150S Platina ndan..mati tiba2 dengan gejala awal mbrebet seperti vespa kehabisan BBM / kaburator kesumbat ( BBM ga lancar )...tapi hanya pada saat posisi GIGI 4 & saat posisi Gas Penuh..

    Karena jalannya BBM vespa ngadat2,saya Gas Pol...dgn maksud biar BBMnya bisa lancar,alhasil bukannya lancar malah KO Vespa ku.

    Busi sudah ganti baru, Koil juga sudah ganti baru dan usaha dengan dorongan sudah saya lakukuan,namun hasilnya ttp NIHIL..

    Ketika Busi saya tempelkan ke Body Mesin,tidak ada Apinya ndan,namun Lampu hidup ketika saya Engkol..

    ReplyDelete
  75. Akang akang semua saya mau bertanya, vespa saya kenapa kalo udah mesin panas suka mati, padahal mesin normal baru naik udah gk endrayen, uda di banyakin oli campur di borosin tetep aja, karbu normal, pengapian Bagus warna biru
    Mohon pencerahan, vespa super th 76 punya saya

    ReplyDelete
  76. mohon maaf, apa vespa thn 74 spuulnya bisa juga 5 atau cuma 3?

    ReplyDelete
  77. mas bro numpang tanya
    Vespa Corsa saya yg baru beli ga ada pengapiannya, piston set udah ganti baru, awalnya dikira piston krn los dan nggembos pas di selah
    mhn advis tentang pengapian Vespa Corsa, apakah Spul, Coil, CDInya? kalau diganti model Jepangan apa yg cocok dan bgm pengubahannya
    matur tengkiyu

    ReplyDelete
  78. Numpang tanya Mas... Saya punya scooter 61 3 speed 125cc, spool koil nya kecil dan sekarang putus apakah bisa di gulung ulang dan kira2 brp biaya nya... Tks Mas Bro atas pencerahannya

    ReplyDelete
  79. Mas saya mau tanya,, saya beli Koil excel merek danmotor kok di businya gak keluarin api,, vespa saya msh platina,, mohon pencerahannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah beli mas. Saya juga pernah beli koil danmotor punya saya super platina al hasil ga ada api nya haahahah

      Delete
  80. Om. Vespa saya px 82 platina.
    Masalahnya. Pengapian dari platina gede bgt. Tapi kalo ku sambung ku coik kecil bgt. Sampai gk bisa ngidupin busi. Apdahal coil,busi baru om. Kira" apanya ni ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab bisa coil lemah atau derajat pengapian tidak tepat.

      Delete
  81. Om saya mau nanya kalau vespa ps saya di ganti spul nya pake excel cdi giamana?apakah support om?

    ReplyDelete
  82. Mas saya mau tanya..vespa saya excel sudah 1 bln mangkrak akibat tidak bisa nyala...penyebab pertama tidak ada api..saya sudah ganti busi dan koil tp pas saya percikan ke elemen logam tidak ada apinya mas ..mohon bantuan masalahnya dimana mas..trims

    ReplyDelete
  83. ijin bertanya om,,saya punya vespa bajaj dirumah ,platina,busi, kodensor,uda di ganti baru,minyaknya turun normal apinya besar, tapi gak mau hidup,,malahan nembak2, tapi bila businya di dempetin bener (dempet bener) baru mau hidup tapi tenaganya gak ada malah hidupnya berebet,,,,gak ada tenaganya ..mohon bantuanya


    ReplyDelete
  84. bang ijin pencerahan,, bnerin spul cdi gmna yah,, udh abis cdi 3 dri yg rendah ampe yg berkualitas,, vespa gmw
    nyala terus,,

    ReplyDelete
  85. bang mau nanya nih, vespa ane kalau di gas dikit terus ane geber ke gas besar tiba tiba brebet terus gak lama kemudian mesinnya mati. setelah itu susah banget untuk nyalain mesinnya lagi. sudah ganti busi juga masih susah untuk nyalain mesiinya, terus ane cek businya ternyata malah bunga apinya bagus, fyi vespa ane px150e 1990 udah cdi gan. kira kira masalahnya apa ya gan? dugaan ane sih antara spul atau kondensornya..

    ReplyDelete
  86. Misis bang mao nanya. Klo api dri kabel buat ke kuil ada api nyh dan kabel lampu jga ada. Api nyh besar warna biru. Tpi knapah pas sya sambung ke kuil pas dri kuil nyh api nyh kecil. Tpi udah sya stel platina nyh

    ReplyDelete
  87. Ass gan,saya mau tanya vespa saya exsel motor saya tdk pernah macet tapi kali ini pagi tadi saya kasih panas dan saya gas tinggi tp tiba tiba mati,apanya yg perlu di cek gan.trima kasih sebelumnya atas pencerahanya gan

    ReplyDelete
  88. busi sudah berwarna coklat tapi mtr di rmpm tengah kadang brebet tersendat2.. saya cek karbu saya bersihin ttp aja brebetnya pas lepas gas trus di gas lagi mtr brebet tersendat2
    mohon pencerahan nya salam mesin kanan

    ReplyDelete
  89. Bang, vespa ane juga brebet pas di gaspol di gigi 3 & 4, udah bersihin tangki & bersihin karbu tapi masih seperti itu, mohon sarannya agan agan

    ReplyDelete
  90. Bang,vespa saya exclusive2 disini saya minta petunjuk ganti pengapian dari cdi ke platina apa saja yang diganti bg dan platina apa yang cocok mohon petunjuk ea bg

    ReplyDelete
  91. sya ada troble mas mas. ok untuk awal salam mesin kanan semua dari riau ini. vespa sy super pakai mesin px. troble nya seperti ini : saat posisi motor tidak jalan ( tidak masuk gigi ) sy gas kenceng2 bisa dia mas. tapi begitu vespa dikendarai vespa tidak bisa di gas maksimal. hnya seperempat sja. klw lbh dia mbrebet. trus mati. ky keabisan bemsin gitu. tp klw vepsa lg diam ( distandarkan) digas gas bisa dia tanpa mbrebet. itu akenapa ya mas> ???
    MOhon dibantu teman2. saya pemula pkai vespa

    ReplyDelete
  92. Min apa penyebabnya kalau coil,kondensor,busi,patokannya udah di stel tapi tetap gak ada apinya ,tolong dijawab ya.....min

    ReplyDelete
  93. min ko stelan karbu vespa saya brebet terus si itu kenapa ya? apa ngaruh gara gara saya pake cdi rc? mohon penjelasannya, terima kasih

    ReplyDelete
  94. Numpang nanya om vespa saya kruk as kecil saya rubah ke cdi rc tp pas disela mesin langsung rpm tinggi kenapa ya om ??

    ReplyDelete
  95. Vespa exel spul jalan selalu terbakar/mati dah 3 kli ganti spul jalan gmn bang solusinya

    ReplyDelete
  96. Gan izin bertanya vespa saya mesinnya px mesin normal standaran..tapi di top speed gk keluar tenaganya kayak ketahan ngelimit...apakah spul jalan yg bermslah ataukah ada pnybb lain soalnya koil baru platina juga baru stelan platina gk bisa renggang maunya rapat trus tp rapet jg gk bgitu rpet sih tenaga di 123 ,normal tp di top sped kyk ngelimit ketahan ...dksih renggang dikit pltinanya brebet...ataukah pengaruh knalpot yg bukan original

    ReplyDelete