Rabu, 02 Maret 2011

Masalah yang sering terjadi pada karburator Vespa dan penyelesaiannya

Karburator sering kotor. Masalah ini langsung berdampak pada laju vespa, melaju tersendat-sendat bahkan mesin akan sulit hidup, busi juga bisa boros. Cara mengatasinya:
a. Bersihkan tangki bahan bakar.
b. Periksa selang, bersihkan dari kerak bahan bakar.
c. Bersihkan karburator dengan angin kompressor dan periksa lubang2 spuyer, jangan sampai ada kotoran yang tertinggal.
d. Periksa ukuran lubang spuyer, jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Apabila kebesaran motor akan boros bahan bakar dan busi juga sering mati. Ukuran spuyer telah di standarisasi oleh pabrik.
e. Settingan jarum juga harus pas. Caranya setel stasioner pada karbu dengan setelan tinggi, lalu putar jarum dengan obeng ke arah kanan (searah jarum jam), kemudian kembali putar ke kiri sampai terdengan suara putaran mesin tertinggi.

107 komentar:

  1. mas, vicri kalo vespa yang sering meletup-meletup itu apa solusinya ya, mas?

    BalasHapus
  2. vespa saya 62 sering buat nge-dragg sm nge-treel tp kok bapak saya marahi saya terus ya ? gmn solusiny ya mas vikri ? :(

    BalasHapus
  3. Hahah... ampun keconangan mas Dayat...

    BalasHapus
  4. @panji leksono: klo meletup-letup biasanya bisa dipastikan ada masalah di pengapian. jadi api timbul nggak tepat dengan kompresinya.

    silahkan di utak-atik platinanya gan..
    klo gak cek busi gan, busi juga berpengaruh pada pengapian..

    BANG_DAYAT

    BalasHapus
  5. kalo vespa saya det,,det,,setiap kali jalan seperti kurang bensin padahal bensin penuh. jalannya juga tersendat det,,det,,,kalo gasnya di lepas lancar ajah tapi kalo dibawa kalem pasti tersendat

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba periksa per kopling atau rumah koplingnya deh.
      gue juga pernah begitu tuh.

      selamat mencoba utak-utik.
      semoga bermanfaat.

      Hapus
  6. @SUKU WARADALA: coba cek pada pengapian, busi, koil, platina, kondensor, kalau itu semua ada masalah, akan berpengaruh pada laju motor itu sendiri...

    BalasHapus
  7. saya mau tenya mas, kalau vespa sulit di oper persneling dari 3 ke 2 pada saat jalan menanjak kira2 panya yang bermasalah ya? mohon penjelasannya, maklum baru pake vespa....trims

    BalasHapus
  8. Biasanya kawat presneling/koplingnya kendur, bisa juga mungkin gigi silangnya mas, coba di cek lagi...

    BalasHapus
  9. mas vespa saya tiap di gas mesin malah mau mati caranya gimana ya;;;;

    BalasHapus
  10. Bersihkan spuyer, cek pelampung dan tangki, biasanya ada kotoran yang membuat bensin telat mengalir. Periksa lagi yang lain, kalo ada letupan dari mesin, bisa jadi pengapian juga tidak maksimal...

    BalasHapus
  11. punya ane mesin"y panas bang ma agk bau gosong2 gt apa"y ya,mohon pencerahan"y

    BalasHapus
  12. Maaf mas, baru balas. Coba cek olinya mas, jangan-jangan olinya habis...

    BalasHapus
  13. mau tanya min.
    gue anak baru nih "jangan di tanya barunya berapa lama" malu.
    hehehehehe.

    masalah mesin.
    1. vespa ane ga pernah mau di bawa santai, maunya ngebut terus.
    (nyantai ga enak, ngebut enak), itu apa sebabnya? mesin standar-dar.
    2. vesa ane selain ga bisa di bawa nyantai, kenalpot juga sering nembak. gimana solusinya?
    3. saran dari temen untuk ganti koil supaya arus listrik lebih lancar udah di coba, tapi cuma berasa enak di awal doang. +- sebulan, penyakit itu kambuh lagi min. gimana tuh?

    bisa di email ke : fadiraha@ymail.com
    thank's for your answer, and i'am join on your blog now.
    :)

    BalasHapus
  14. Wah, berarti sama kayak vespa saya. Lebih enak dibawa ngebut mas bro. hehehe...

    -Businya boros nggak mas bro? Kalo iya, coba cek platinanya (kalo masih pake platina).

    -Kalo platina gak beres bisa bikin knalpot nembak2.

    -Knalpot nembak2 juga bisa terjadi karena busi kotor atau terdapat kerak pada busi.

    -Karburator di cek juga ya mas bro.

    -Nah soal koil, ga usah ganti kalo belum mati, kalo pengen pengapian lebih enak, pake koil bekas mobil, di jamin pengabian lebih joss.

    -Saya yakin, kalo masalah pada vespa mas bro bukan gara2 koil.

    Mungkin itu aja sih, kalo terdapat sesuatu yang kurang jelas bisa hubungi bengkel terdekat... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini dia yang sering dialami kita Scooterist,banyak yang harus dicek,harus step by step,memang kadang mengeluarkan uang untuk ganti onderdil,karena memang harus begitu.Pertama:Koil Bermasalah alias udah JOMPO karena Umur Koil dihitung dengan KILOMETER Jarak Tempuh,kedua : SPUL yang harus diganti,keTiga SPUYER yang harus PAS menurut Type Vespanya.Ke4 : Atur Posisi PLATINA (maklum produk sekarang nggak ada yang Kualitas OK,jadi harus diBeri Penjepit Pengganjal agar Palitanya STABIL).

      Hapus
  15. mas vespa saya kalok ngebut tersendat-sendat, setelah itu saya cobak naik gunung vespa saya,, pas tanjakan yg tinggi nggak narek,,langsung mati mesinnya,, padahal busi baru,,, gimana ya itu mass??,, tolong jawabannya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu bukan karena businya mas. Ada sedikitnya 4 kemungkinan Vespa anda lajunya tersendat. Pertama, kawat kopling/presneling kendur. Solusinya cek selalu ke-kencangannya dan yang menurut mas enak dipakai. Kedua, pengapian tidak maksimal, kemungkinan ada masalah pada koil, platina (kalo masih pake). Cek! Ketiga, ada kotoran yang menghambat aliran bahan bakar menuju karburator, maupun yang menuju ke mesin, dalam hal ini pengecek'an secara berkala mesti dilakukan. Nah, yang keempat ini mungkin juga bisa terjadi yaitu kampas koplingnya hampir habis. Menurut saya itu aja mas. Kalau kurang jelas bisa hubungi bengkel terdekat...

      Hapus
  16. Mas mau tanya nih penyebab gas "mbandang" itu apa saja ya? pernah dikira gara2 platina tapi setelah dicek bukan.. ada yang bilang sealnya bocor... setelah diganti baru tetap.. apa mungkin dari karburator? soalnya stasioner tidak berfungsi total...tetapi pengalaman pas dibuat touring ke bali dari jawa timur tidak rewel... tolong jawabannya ya mas

    BalasHapus
  17. Kalo digas full tapi pelan,terus kalo gas dikendorin mati,itu setelan anginnya yang salah atau apa ya?
    mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah di cek semua saluran bensinnya belum mas? Coba cek pelampung'e mas, kayaknya itu pelampungnya ada yang ga beres. Bersihkan karburator secara berkala :)

      Hapus
  18. malem menjelang pagi mas brow..berguru banyak boleh ya,,di rumah ada PXE 99 yg punya penyakit baru.semingunan ini dah 3 x bongkar pasang karbu tp blm sukses,bahkan sampe ganti pilot n main jet,jarum pelampung,perpak ganti baru pake lem sgala,cmn pelampungnya msh lawas.penyakitnya kambuh kalo hbs di ajak jalan trs brenti di parkirin bensin lgsg netes dr belakang karbu.dah tak coba masukin bensin setutup botol aer mineral ke lobang hisap lgsg amblas alias cepet nresep ke bawah.kalo gas di buka bensin keluarnya ngabut cmn rembes lwt samping kanan bawah karbu.apa mmg harus bongkar mesin n ke tukang bubut..? mungkin brow rahmandhita bisa kasih pencerahan,paling tidak mendekati kebenaran lah..tak tunggu ilmunya,makasih n salam dr jepara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu deksel maksutku yang menghubungkan selang bensin sama pelampung, dulu vespa saya juga pernah seperti itu. Coba cek dekselnya bocor/retak soalnya bagian itu juga rawan/rapuh. Mungkin itu saja masbro...

      Hapus
  19. bro ane mau tanya,motor ane bagian kaki2 gak enak bner. kalau ada jalan yang gak rata aja langsung oleng motor ane..
    itu kenapa ya? apa gara2 laher roda,ban botak, body gak lempeng..
    mohon bantuannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek semua yang dicurigai, jangan2 itu kingpen-nya juga...

      Hapus
  20. Kalo lg jalan vespaku sering mati apalagi ditanjakan..ky telat bensin tp kalo diem"mesin ttp idup"lancar di gaspool ..ga masalah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mas, semua saluran bensin di cek mulai dari tangki, kran, selang, pelampung, karbu. Biasanya terdapat kotoran yang bisa bikin vespa jalannya tersendat...

      Hapus
    2. mw minta petunjuk lg mas Fikri,
      smuanya udah sy check tp ttp bgt, kira2 apalagi ya yang jd virusnya...thanks..

      Hapus
    3. Kalo terjadi masalah di tanjakan, kampas kopling juga berpengaruh mas. Biasanya terdengar bunyi "greeek" panjang ketika perpindahan gigi di tanjakan maupun saat perpindahan dari netral ke gigi 1 secara reflek. Dan kalo dipaksa mesin malah mati...

      Hapus
  21. misi bang sama baru make vespa nih, numpang tanya vespa saya kok gas nya gede terus yah padahal udah di stel karburatornya tapi pas di pake lagi tetep gede gasnya, terus kalo vespa di naikin 2 orang malah makin gede lagi gasnya, itu apa ya? mohon bantuan nya dong maklum pemula hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba selidiki bagian yang dicantolin sama kawat gas. Jangan2 ada nyangkut dikit di salah satu dari sekitar bagian itu sehingga gas nggak mau balik ke normal. Atau ada masalah kecil pada selongsong kawat sehingga bikin kawat ga mau balik lagi. Kalo dinaikin makin gede gas-nya karena body yang turun menyebabkan kawat gas itu sedikit menaikkan gasnya. Saya juga pernah mengalaminya, satu komplek gegerr. Hahaha

      Hapus
  22. Numpang tanya bung,
    kalau vespa ane itu businya banjir cairan hitam kaya olie, terus gak bisa nyala sama sekali, itu masalahnya pada apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. -Karburatornya kotor mas. Bisa juga banjir mesinnya. Cek dan bersihkan secara berkala karburator tsb.

      Hapus
  23. malam bang,ane mau nanya ni stelan platina berubah sendiri, suara mesin gak normal, apanya yang bermasalah ya bg ??

    mohon petunjuk dan arahan nya bg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo stelan platina berubah, coba cek baut platina. Kalo udah mentok (gitu terus) ya ganti bang. Suara mesin gak normal gimana maksudnya? Kalo brebet, coba bersihkan karburator. Cek busi, kalo businya item karena karburator kotor juga bisa. Atau memang karena stelan platina yang bermasalah sehingga pengapian tidak maksimal...

      Hapus
  24. Gan mau tanya. ada masalah ma vespa dirumah.
    1.keran bensin udah ditutup tapi bensin ngalir terus. kira" kendalanya apa gan soalnya ane udah pernah cek ma saringan bensin dari tankinya ga ada masalah.
    2.bensin tekor terus. pernah dibersihin pilot jet ma main jetnya. awalnya lancar lagi, tapi 2 minggu kemudian kejadian lagi. malah tekor. kata penggemar vespa yang lewat, dekselnya bermasalah. ada solusinya ga gan buat benerin dekselnya?
    3.mau nanya sparepart yang cocok buat sprint apa aja? (kayak karburator,koil,dan semacamnya)
    thanks gan

    BalasHapus
  25. 1. Dekselnya bocor kali bro. Coba cek dekselnya, kalo bocor ya bensinnya bisa ngocor kapan aja.
    2. Bensin tekor karena ada hubungannya sama nomer satu.
    3. Sparepart dari paggio aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. abang fikri mau tanya.,
      katanya deksel bisa di ganjl ya dengan kertas yang mengandung alumunium.,biar ga selalu bocor.,
      nah cara mengganjalnya gimana tuh bang.,

      Hapus
    2. Biasanya yang bocor bagian yang buat nancepin selang kan? Nah itu bisa pake kertas bungkus obat nyamuk juga, di bikin seperti ring. Fungsinya sebenernya sama kayak packing/perpak...

      Hapus
  26. Mau tanya yang jual kunci khusus buat melepas kran bensin dmn ya?soalnya mau melepas kran bensin tp blm punya kuncinya. thx gan

    BalasHapus
  27. Wah Mas @Darrel, kalo di bengkel2 yang pernah saya kunjungi, mereka kebanyakan membuat sendiri kunci untuk melepas kran tangki...

    BalasHapus
  28. .vespa ane px84 dikopling mati. gas dilepas mati. kemaren baru diganti spool cdi nya. mohon bantuannya bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Rooinchan:
      -Dikopling mati: Gigi silang (cek), kawat kopling+presneling (cek) biasanya kendur.
      -Gas dilepas mati: platina (cek), spuyer (cek), stasioner (cek). Selamat mencoba, bisa sakit berlanjut bawa ke bengkel :)

      Hapus
  29. PENYAKIT VESPA ADALAH : Laju tersendat,Tiba-tiba Mati,Meletu-Letup,Sulit DiStarter. Inilah DIAGNOSIS yang Lengkap :
    1.KOIL yang sudah JOMPO,karena dayatahan Koil dihitung oleh Jarak Tempuh KILOMETER.
    2.SPUL,yang sudah masa Pensiun.
    3.SPUYER Karburator yang harus Sesuai dengan UKURAN TYPE Karburator yang berbeda tiap Vespa.
    4.PLATINA,harus diStel Ulang,karena Kualitas sekarang Tidak OK,caranya Tambahkan PENJEPIT RING diSELA Lempengannya agar STABIL Kerjanya alias TIDAK BERGOYANG yang mengakibatkan Semburan Api TIDAK STABIL.
    5.BUSI,bersihkan dan Cek apakah Sudah JOMPO?
    (INI KHUSUS UNTUK VESPA YANG BUKAN CDI alias Yang berPLATINA).
    6.Bila masih Tersendat Lajunya : Cek Tangki Bensin,KRAN BEnsin dan SELANGNYA : KOTOR,Sudah JOMPO atau Terlalu Rapat Keran Bensinnya.
    7.Bila MASIH Suka Mati ditengah Jalan :CEK SECHER apakah sudah JOMPO,bila belum :BERSIHKAN.

    ITU TADI TAHAPAN GENERAL CHECK UP alias MEMERIKSA KESELURUHAN.SELAMAT BERCINTA DENGAN VESPA...!ABADI JAYA DIJALAN DIMANA-MANA JANGAN SAMPAI MINTA DIGENDONG,MAKA KESEHATAN HARUS PRIMA...! (SALAM VESPA:MENEER SANTONI-SEMARANG KOTA LUMPIA).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berpartisipasi/komentar tentang masalah pada karburator dan penyelesaiannya. Bermanfaat sekali mas. Salam scooteris! :)

      Hapus
  30. SEMUA SUDAH OK,tapi MASIH MOGOK-MOGOK ?:
    1.CEK KOMPONEN DIDALAM DEXEL yang terdapat PELAMPUNG,JARUM KOMPRESOR,bila tidak beres BISA MENGAKIBATKAN SIKLUS BENSIN TIDAK NORMAL.
    2.CEK JARUM SPUYER dan PEMASOK BENSIN,apakah KOTOR atau sudah JOMPO atau SALAH UKURAN?
    3.CEK SKEP GAS alias LEMPENGAN PENGATUR AKSELERASI BAHAN BAKAR,apakah sudah JOMPO?
    4.CEK BADAN KARBURATOR,apakah sudah JOMPO,sehingga TIDAK MENYATU RAPAT dengan Permukaan Badan Mesin?
    5.ATUR STELAN UDARA,yang pasti berpengaruh pada SIKLUS Bahan Bakar agar Hemat,Normal dan Lancar.

    SELAMAT BERCENGKRAMA DENGAN KARBURATOR,AGAR BISA MERAWAT SENDIRI. (SALAM MELAYANG TERBANG BERSAMA ANGIN DIJALAN DIMANA-MANA DIATAS ALUNAN LEMBUT VESPA AGAR TIDAK MINTA DIGENDONG,MAKA HARUS SEHAT)<SALAM:MENEER SANTONY-SEMARANG)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berpartisipasi/komentar tentang masalah pada karburator dan penyelesaiannya. Bermanfaat sekali mas. Salam scooteris! :)

      Hapus
  31. Mas ane mau nanya nih mas , kalo ngok itu kenapa ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngok gimana mas? Kampas kopling mau abis tu biasanya bunyi ngok :D

      Hapus
  32. Bro mau tanya kalo platina apinya udah biru tapi masih lagi meletup letup apa masalhbya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Businya terlalu rapet atau bisa juga terlalu renggang. Karburator kotor juga, biasanya ada kotoran di spuyernya juga gitu.

      Hapus
  33. om saya mau tanya nih...
    karburator saya stasionernya ga bsa d setel...
    klo mau stasionernya rendah atw bsa d setel harus d sumpel d lubang dkt lubang venturi...
    tu kira2 knp dan solusinya gmn?
    mathur suwun

    BalasHapus
  34. Kemungkinan mas @Andi:
    1. Kawat/kabel macet dan seret coba di cek lagi mas.
    2. Masang karbu kekencengan, jangan kenceng2 banget, dikira-kira pas aja jangan terlalu kenceng.
    3. Karbunya agak error/rusak, bisa juga karena kotoran jadi katup gasnya seret.

    Jika masalah berlanjut segera bawa ke bengkel :)

    BalasHapus
  35. mas mau tanya vespa ane px 82
    kalau digas pelan brebet tapi kalau di banterin normal kalau pas brebet di terusin (dipanjer) karburator meletus/nembak
    busi udah ganti baru, stelan angin-angin + kompresi sudah distandartin, karburator udah di bersihin
    kira kira apanya mas ya, mohon bantuannya
    trims
    salam scooteris

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mas Dimas, Platina apa CDI mas? Kalo pake platina biasanya jaraknya terlalu renggang atau bisa juga terlalu rapat...

      Hapus
  36. mas saya mau nanya nih, penyebab bensin boros apa aja mas? mohon rincian dan penyelesaiannya mas :D trims *salam scooterist

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mas Abdan:

      -Pengapian nggak sempurna. Pengapian mendukung proses pembakaran, sehingga pengapian yang kurang sempurna juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Cak semua komponen pengapian (Platina, koil, busi).
      -Lobang spuyer kegedean. Kalao lubang spuyer kegedean bensinnya ngalir deras. Ukuran lubang spuyer yang pas adalah yang standart pabrikan.
      -Ukuran karbu/settingan mesin juga bisa berpengaruh boros/tidaknya konsumsi bakan bakar.

      Hapus
  37. Mas fikri saya mau nanya nih. Soal vespa sy :
    - Ban belakang oleng padahal sdah dicoba beberapa velg tpi tetap oleng.
    - Posisi tromol yg terlalu rapat bahkan sampai ban kandas di penutup kampas kopling (akibatnya penutup kampas kopling di bag mesin sdah hampir bolong).
    - Ban belakang yg posisinya miring di tanah dan berefek pada ban yg habis sebagian.
    Mohon pencerahannya mas apakah yg bengkok tromol, atau as mesinnya. Makasih sblmnya mas fikri

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Rise_Strawhat: Ada di postingan saya yang lain, ini linknya mungkin bisa membantu :) http://sleepscooter.blogspot.com/2013/08/vespa-terasa-miring-saat-dikendarai.html

      Hapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  39. kang ane mau tanya...
    ane punya px exclusive 2 pake CDI.
    satu bulan lalu seher ane oversize 2m.
    kendalanya adalah ketika saya ngaspal berjalan kira2 7-8 km tiba2 mesin mati klesek dengan bunyi ngooooooookk. akan tetapi saya stater lagi langsung jalan. tapi 3-4 km mati lagi dan begitu seterusnya.... yang saya tanyakan itu kira2 apanya ya kang??? padahal takaran bensinya adalah 10rb = 4 tutup botol oli mesran. mohon pencerahanya... thz

    BalasHapus
  40. Wah susah nih mau jawab gimana. Ngreyen-nya gak pas mungkin bang @Ridwan. Setahu saya kalo ngreyen itu oli-nya emang dibanyakin. Coba tanyakan pada bengkel terdekat mas. Mungkin ada pengunjung blog ini yang bisa menambahkan? Silahkan :)

    BalasHapus
  41. nunpang nanya mas> vesva saya super 74 awalanya vespa saya tidak mau lamsam, kayak ngegas terus, kemudian saya ganti karbu baru masalahnya tetap sama...mohon dicerahkan terimakasih

    BalasHapus
  42. @mas Dewa Made: Pasang karbunya jangan kekencengan mas, kalo kekencengan ntar gasnya gak mau balik lagi...

    BalasHapus
  43. aslm. kang, sy mau tanya.. vespa sy super 77. blok udh oversiza 100. karbu standar super, knalpot drc racing standar, koil mantep, busi ok, platina jos.. tapi klo d tarik kenceng, tenaganya nahan d ujung. kaya gak bisa pol lariny. itu biasanya masalah d mananya?
    ap knalpot gak sessuai, atw setelan karbu yang gak pas sm oversize nya? n sebaiknya pake spuyer yang ukuran berapa untk blok yg gede gitu? mksh sblmnya..

    BalasHapus
  44. aslm. kang, sy mau tanya.. vespa sy super 77. blok udh oversiza 100. karbu standar super, knalpot drc racing standar, koil mantep, busi ok, platina jos.. tapi klo d tarik kenceng, tenaganya nahan d ujung. kaya gak bisa pol lariny. itu biasanya masalah d mananya?
    ap knalpot gak sessuai, atw setelan karbu yang gak pas sm oversize nya? n sebaiknya pake spuyer yang ukuran berapa untk blok yg gede gitu? mksh sblmnya..

    BalasHapus
  45. maaf kang, mksdny super 73... hehe

    BalasHapus
  46. Untuk bisa mencapai kecepatan maksimal, setiap pengguna harus menyesuaikan semua komponen mesin agar kecepatan yang diinginkan tercapai. Nah, untuk bisa lari maksimal, pengguna juga mesti tahu perhitungan agar kinerja mesin juga maksimal. Karburator untuk mencampur udara dengan bahan bakar sehingga bahan bakar bisa terproses untuk pembakaran. Jika bahan bakar yang tersupplay ke karburator kurang maka tenaga yang dihasilkan juga akan berkurang sehingga bisa jadi laju motor tidak maksimal. Karburator khususnya vespa memiliki ukuran yang berbeda-beda (standart). Untuk vespa yang memiliki cc tinggi memiliki ukuran karburator yang besar pula. Nah kemungkinan jika men-setting vespa untuk kecepatan tinggi namun daya yang dihasilkan juga dirasa kurang maksimal, cobalah menggunakan karburator yang memiliki ukuran yang dirasa pas untuk settingan mesin. Selamat mencoba...

    BalasHapus
  47. Bro mau nanya vespa gue 76 untuk ngatasin knalpot pariasi kandas pada tanjakan kecil,gmna ya bro.????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stelan knalpot mesti disesuaikan sama mesin biar pas ditarik kenceng ataupun pas nanjak nggak hilang tenaganya bro...

      Hapus
    2. Thanks ya bro,..mau nanya gmane cara pasang kingpen vespa super bro.?

      Hapus
  48. bro ane mau nanya ni . vespa super ane thn 76 . nah klo d tanjakan mtor ane sellu lambat laju nya ,bahkan klo d over gigi dr 3 ke 2 ke 1 tenaga malah menurun ,pdhal beban cmn sya doang . satu lagi bro, kecepatan super 76 apa emng rata'' skitar 60km/jm soal nya vespa ane udh d gaspol jg tetap sekitar 60km an (motor ane gda spidometeran) malah ngegerung si mesin .saking gbsa naik kecepatan . nah gimna tuh bro fikri .. kasih pencerahan ya .
    oh iya kampas kopling vespa berpaan yg paling murah bro . maaf y soal nya ane baru'' beli vespa . hhe .
    thx bro fikri salam scootrs ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas dioper ada suara greek panjang gak bro? Kalo iya berarti kampas kopling mau abis. Kalo pengen lebih kenceng hubungi bengkel terdekat, kecepatan vespa kalo menurut saya itu tergantung pemakai sebelumnya, kalo pemakai sebelumnya terbiasa make vespa gak pernah buat kenceng ya mesinnya terbiasa gak kenceng. Kampas kopling sekitar 38.000 bro kalo belum naik...

      Hapus
  49. gan ane mau tanya ni motor ane px 82, kendalanya nembak terus,kemarin udah di otak atik platina nya ada apinya,tp udah jarak 1 km nembak lagi, trus ane coba bersiin karbu sama ganti spuyernya semua satu set , alhamdulillan enakan,tapi jarak 1 km lagi nembak lagi gan, solusi ane terahir ane ancurin tuh keramik yg ada pada pelatuk busi nya,eh enakan gan g mati2 tuh motor ,karna ane pengen motornya normal kira2 gmana tuh gan solusinya?

    BalasHapus
  50. Cek dan setting ulang semua komponen pengapian mulai dari busi, koil, platina, kalo dikira ada yang perlu diganti dari komponen2 tersebut ya diganti. Pengapian bagus bakalan lebih enak dipake jalan dan juga bisa lebih irit.

    BalasHapus
  51. mas nimbrung tanya yaaa.... mas kok vespa saya, kalo dipake itu ndut - ndutan kyk naik kuda ya jalannya? kira - kira knapa y? btw kalau di jogja bengkel vespa yang bagus dimana yah?

    BalasHapus
  52. Ndut-ndutanya gimana mas, ada banyak kemungkinan vespa ndut-ndutan. Mas di daerah mana? Ni saya kasih info bengkel vespa di Yogyakarta dan sekitarnya:
    1. Jalan Jogja-Solo km 15 (dari arah jogja). Cahaya Motor proliman ke utara, bengkelnya kiri jalan.
    2. Jalan Palagan. Bengkelnya mas Tosan. @TSS_Servizio
    3. Jalan jogja-solo km 11. Sorogenen Purwomartani Kalasan. Bengkelnya mas Sidi.
    4. Dusun Kalibutak, Randusari, Prambanan, Klaten. Bengkelnya mas Antok Paveo facebook/antok.paveo
    5. Jalan Sultan Agung sekitar 500 meter dari puro pakualaman. Bengkelnya mas Dimas Bavesta
    6. Bengkel Vespa Depan Fakultas Teknik UNY.
    Sebenarnya masih banyak bengkel Vespa yang lainnya, itu saja yang saya ingat mas...

    BalasHapus
  53. min numpang tanya nih klo g mau langsam,apanya ya..?klo stengah di tutp karbunya mau langsam tp gas gde..intinya ga mau gas kecil..karo trun gas pasti mati..spuyernya udah di bersihin min.pelampung udah di buka..tp g tau normal apa g masuknya bensin..
    seblmnya terima kasih min..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mas Rio Habibie: Cobe di cek stasionernya :)

      Hapus
  54. mas.!! vespa saya, tidak bisa lamsam, dan jarumnya mw di putar ke mana pun gak ada pengaruhnya.!
    trus, vespa saya klo tidak di jalannkan, mesinnya selalu ke banjiran bensin, jadi susah hidupnya.!! busi selalu basah.!!

    tolong pencerahannya ya mas..??!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mas Anewsta Ginting: Coba mas cek skep karburatornya, biasanya kalo udah diganjel berarti memang ada masalah dan perlu diperbaiki. Mesin banjir itu biasanya pelampungnya gak berfungsi dengan baik, jadi kalo vespa berhenti perlu diganjel standarnya biar miring ke kiri. Kalo bensin menetes terus akan masuk ke mesin dan pas di slah bensin yang masuk ke mesin memercik ke busi sehingga busi menjadi basah. Cek pelampungnya mas kalo perlu diganti ya diganti.

      Hapus
  55. permisi mas mau nanya nih,,ane punya sprint 76.ada masalah pada koplingnya.jika koplingnya ditarik putaran mesinnya jadi lambat terus mati,,kalo dipaksain jalan gak berfungsi tuh kopling.apalagi lampu merah..kampas udah ganti.
    atu lagi vespa itu susah bgt hidupnya kalo udah dingin mesinnya, mohon solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mas maink mubarak: Itu kawat koplingnya kendor mas, kencengin dulu. Atau belah mesinnya mungkin gigi palangnya. Kalo susah nyala pas berhenti lama itu mungkin banjir, cek pelampungnya mas mungkin ada masalah. Jika pelampung gak berfungsi bensin akan terus menerus menetes ke karbu dan masuk ke mesin, dan kalo di selah businya jadi basah...

      Hapus
  56. misi mas mau nanya...klo dari lubang venturi nyembur bensin pas di gas kenapa ya ??? minta solusinya mas...makasih.

    BalasHapus
  57. Kemungkinan sil krek asnya bermasalah pak. Coba di cek atau ganti yang baru kalo perlu...

    BalasHapus
  58. Saya punya pengalaman kemaren vespa pts saya, dinyalain vespa mau langsam, ketika di gas kenceng vespa tersendat-sendat, pas dicek taunya spullnya kendor, dikencengin ngebut lagi tuh tuh vespa.... hihihi, sharing pengalaman saja.... biasanya hal2 yg dianggap sepele malah bikin rusak... hihihihi .... Salam Vespa Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... Betul mas, hal2 yang dianggap sepele terkadang bisa menimbulkan masalah yang serius. Terimakasih telah berbagi di Sleepscooter :)

      Hapus
  59. misi ya saya mau numpang tanya , vespa exclusive th.94 ..
    iseng2 maen ke bengkel minta di setting karbunya biar nggak nahan tarikannya , stelah di setting+spuyer digantii emng jalannya agak entengan , pas sampe rumah sekitar jam 4 sore keran bensin lupa ditutup sampe jam 10 pagi besok harinya baru liat n lgsung ditutup ,, pas di nyalain pertama normal dan jalan kira2 10meter setelah itu mati , saya cek busi basah , terus busi udah di bersihin n bisa jalan lg cuma 1meter , kalau mau mati lajunya tersendat-sendat kaya bensin gak turun ,, sampai skrang blom bisa hidup ,, kira2 yg bermasalah di karbu atau di tangki/selang atau apanya lur ??

    mohon pencerahan lur , makasih :)

    BalasHapus
  60. @mas Inoy Warkop: Itu banjir mas kalo businya basah. Coba cek pelampungnya itu mungkin juga karena pelampungnya seret/ada kotoran yang bikin seret. Periksa lagi spuyernya mas mungkin juga ada kotoran yang bikin lobang spuyer jadi buntu...

    BalasHapus
  61. mas mau tanya kalok baut as roda belakang kok mudah kendor ya padahal udah di kencengin pol masih aja lepas jadi nya gigik teromol belakang jadi aus solusi nya gimana ya mas

    BalasHapus
  62. @Mas Prasojo Eko: Itu as-nya di drat lagi mas. Saya pernah mengalami seperti itu, dibawa ke bengkel bubut nanti dratnya di perbaiki biar gak kendor terus...

    BalasHapus
  63. mas ane tanya kenapa vespa ane silinder copnya sudah dikepras, tengki bensin ok, kaburator bersih, paking ok, olor gas mantap, tp knpa gasnya suka kencang sendiri. vespa ane px 80.... tanks..........

    BalasHapus
  64. Pasang karburatornya kekencengan. Biasanya kalo kekencengan pasang baut karbu ntar skepnya susah balik nah itu yang bikin gasnya kenceng sendiri...

    BalasHapus
  65. misi om...
    mau tanya, vespa saya ko kalo di ajak ngebut'a suka tersendat" yaa om..
    kaya mao abis bensin..
    padahal karburatornya udah saya bersihkan om..
    tolong info'a yaa om..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelan angin karbu nya kurang pas mungkin om :D

      Hapus
    2. coba dicek pengapiannya bro, magnetnya mungkin...

      Hapus
  66. mas bro mau nanya, kalo kran bensin ngalir terus masalah gak ya? jadi tumpuan main di pelampung aja, soalnya kran bensin rusak ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek di sambungan selang ke pelampung bro. bagian itu yang paling rawan terak, jadi bensinnya ngalir/netes terus. atau kran rusk bisa juga, kalo pas berhenti diganjel aja standar yang kanan...

      Hapus
    2. sudah tak ganti kran bensin, tangki mulus beserta deksel satu set mudahan gak banjir lagi hehe

      Hapus
  67. slmt sore, kebetulan skrg posisi lg trouble, di selah idup tpi tersendat sendat mesin nya seperti bensin ga lancar, tpi klo di miringin baru bensin nya lancar,
    tangki sdh dibersihkan, selang ganti baru, karbu sdh dibersihkan, spuyer ganti baru plus ukuran standar.. tapi knp msih demikian?

    slmt sore n selmt menikmati kopi masing"

    BalasHapus
  68. Cek semua komponen pengapian masbro, kalo nggak koilnya ya platinanya mas, biasanya kalo ada masalah di sekitar itu, ujung busi menjadi hitam...

    BalasHapus
  69. bro..tolong ane dong.. ane punya vespa PS 86 lgi ngambek, nerjang banjir ampe ban'nya kelelep nda papa, masih idup...besokkanya ntu PS nda mau idup..cek busi nda ada apinya, ganti busi tetep juga..trus cek koil nda ada apina juga (ampe ane gantti coil vespa satu lagi yg 64 juga nda mau)...spul semuanya ada apinya...jadi binun nih..mohon pencerahan..makasih..

    BalasHapus
  70. bos numpang nanya nih, vespa ane ga ada pengapian di platinanya, tapi di kabel busi ada. platinanya udah ane ganti tapi tetep aja kaga ada, itu kenapa ya gan ??? butuh pencerahannya gan

    BalasHapus