Wednesday, March 2, 2011

Masalah yang sering terjadi pada karburator Vespa dan penyelesaiannya

Karburator sering kotor. Masalah ini langsung berdampak pada laju vespa, melaju tersendat-sendat bahkan mesin akan sulit hidup, busi juga bisa boros. Cara mengatasinya:
a. Bersihkan tangki bahan bakar.
b. Periksa selang, bersihkan dari kerak bahan bakar.
c. Bersihkan karburator dengan angin kompressor dan periksa lubang2 spuyer, jangan sampai ada kotoran yang tertinggal.
d. Periksa ukuran lubang spuyer, jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Apabila kebesaran motor akan boros bahan bakar dan busi juga sering mati. Ukuran spuyer telah di standarisasi oleh pabrik.
e. Settingan jarum juga harus pas. Caranya setel stasioner pada karbu dengan setelan tinggi, lalu putar jarum dengan obeng ke arah kanan (searah jarum jam), kemudian kembali putar ke kiri sampai terdengan suara putaran mesin tertinggi.

136 comments:

  1. mas, vicri kalo vespa yang sering meletup-meletup itu apa solusinya ya, mas?

    ReplyDelete
  2. vespa saya 62 sering buat nge-dragg sm nge-treel tp kok bapak saya marahi saya terus ya ? gmn solusiny ya mas vikri ? :(

    ReplyDelete
  3. Hahah... ampun keconangan mas Dayat...

    ReplyDelete
  4. @panji leksono: klo meletup-letup biasanya bisa dipastikan ada masalah di pengapian. jadi api timbul nggak tepat dengan kompresinya.

    silahkan di utak-atik platinanya gan..
    klo gak cek busi gan, busi juga berpengaruh pada pengapian..

    BANG_DAYAT

    ReplyDelete
  5. kalo vespa saya det,,det,,setiap kali jalan seperti kurang bensin padahal bensin penuh. jalannya juga tersendat det,,det,,,kalo gasnya di lepas lancar ajah tapi kalo dibawa kalem pasti tersendat

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba periksa per kopling atau rumah koplingnya deh.
      gue juga pernah begitu tuh.

      selamat mencoba utak-utik.
      semoga bermanfaat.

      Delete
  6. @SUKU WARADALA: coba cek pada pengapian, busi, koil, platina, kondensor, kalau itu semua ada masalah, akan berpengaruh pada laju motor itu sendiri...

    ReplyDelete
  7. saya mau tenya mas, kalau vespa sulit di oper persneling dari 3 ke 2 pada saat jalan menanjak kira2 panya yang bermasalah ya? mohon penjelasannya, maklum baru pake vespa....trims

    ReplyDelete
  8. Biasanya kawat presneling/koplingnya kendur, bisa juga mungkin gigi silangnya mas, coba di cek lagi...

    ReplyDelete
  9. mas vespa saya tiap di gas mesin malah mau mati caranya gimana ya;;;;

    ReplyDelete
  10. Bersihkan spuyer, cek pelampung dan tangki, biasanya ada kotoran yang membuat bensin telat mengalir. Periksa lagi yang lain, kalo ada letupan dari mesin, bisa jadi pengapian juga tidak maksimal...

    ReplyDelete
  11. punya ane mesin"y panas bang ma agk bau gosong2 gt apa"y ya,mohon pencerahan"y

    ReplyDelete
  12. Maaf mas, baru balas. Coba cek olinya mas, jangan-jangan olinya habis...

    ReplyDelete
  13. mau tanya min.
    gue anak baru nih "jangan di tanya barunya berapa lama" malu.
    hehehehehe.

    masalah mesin.
    1. vespa ane ga pernah mau di bawa santai, maunya ngebut terus.
    (nyantai ga enak, ngebut enak), itu apa sebabnya? mesin standar-dar.
    2. vesa ane selain ga bisa di bawa nyantai, kenalpot juga sering nembak. gimana solusinya?
    3. saran dari temen untuk ganti koil supaya arus listrik lebih lancar udah di coba, tapi cuma berasa enak di awal doang. +- sebulan, penyakit itu kambuh lagi min. gimana tuh?

    bisa di email ke : fadiraha@ymail.com
    thank's for your answer, and i'am join on your blog now.
    :)

    ReplyDelete
  14. Wah, berarti sama kayak vespa saya. Lebih enak dibawa ngebut mas bro. hehehe...

    -Businya boros nggak mas bro? Kalo iya, coba cek platinanya (kalo masih pake platina).

    -Kalo platina gak beres bisa bikin knalpot nembak2.

    -Knalpot nembak2 juga bisa terjadi karena busi kotor atau terdapat kerak pada busi.

    -Karburator di cek juga ya mas bro.

    -Nah soal koil, ga usah ganti kalo belum mati, kalo pengen pengapian lebih enak, pake koil bekas mobil, di jamin pengabian lebih joss.

    -Saya yakin, kalo masalah pada vespa mas bro bukan gara2 koil.

    Mungkin itu aja sih, kalo terdapat sesuatu yang kurang jelas bisa hubungi bengkel terdekat... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini dia yang sering dialami kita Scooterist,banyak yang harus dicek,harus step by step,memang kadang mengeluarkan uang untuk ganti onderdil,karena memang harus begitu.Pertama:Koil Bermasalah alias udah JOMPO karena Umur Koil dihitung dengan KILOMETER Jarak Tempuh,kedua : SPUL yang harus diganti,keTiga SPUYER yang harus PAS menurut Type Vespanya.Ke4 : Atur Posisi PLATINA (maklum produk sekarang nggak ada yang Kualitas OK,jadi harus diBeri Penjepit Pengganjal agar Palitanya STABIL).

      Delete
  15. mas vespa saya kalok ngebut tersendat-sendat, setelah itu saya cobak naik gunung vespa saya,, pas tanjakan yg tinggi nggak narek,,langsung mati mesinnya,, padahal busi baru,,, gimana ya itu mass??,, tolong jawabannya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu bukan karena businya mas. Ada sedikitnya 4 kemungkinan Vespa anda lajunya tersendat. Pertama, kawat kopling/presneling kendur. Solusinya cek selalu ke-kencangannya dan yang menurut mas enak dipakai. Kedua, pengapian tidak maksimal, kemungkinan ada masalah pada koil, platina (kalo masih pake). Cek! Ketiga, ada kotoran yang menghambat aliran bahan bakar menuju karburator, maupun yang menuju ke mesin, dalam hal ini pengecek'an secara berkala mesti dilakukan. Nah, yang keempat ini mungkin juga bisa terjadi yaitu kampas koplingnya hampir habis. Menurut saya itu aja mas. Kalau kurang jelas bisa hubungi bengkel terdekat...

      Delete
  16. Mas mau tanya nih penyebab gas "mbandang" itu apa saja ya? pernah dikira gara2 platina tapi setelah dicek bukan.. ada yang bilang sealnya bocor... setelah diganti baru tetap.. apa mungkin dari karburator? soalnya stasioner tidak berfungsi total...tetapi pengalaman pas dibuat touring ke bali dari jawa timur tidak rewel... tolong jawabannya ya mas

    ReplyDelete
  17. Kalo digas full tapi pelan,terus kalo gas dikendorin mati,itu setelan anginnya yang salah atau apa ya?
    mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di cek semua saluran bensinnya belum mas? Coba cek pelampung'e mas, kayaknya itu pelampungnya ada yang ga beres. Bersihkan karburator secara berkala :)

      Delete
  18. malem menjelang pagi mas brow..berguru banyak boleh ya,,di rumah ada PXE 99 yg punya penyakit baru.semingunan ini dah 3 x bongkar pasang karbu tp blm sukses,bahkan sampe ganti pilot n main jet,jarum pelampung,perpak ganti baru pake lem sgala,cmn pelampungnya msh lawas.penyakitnya kambuh kalo hbs di ajak jalan trs brenti di parkirin bensin lgsg netes dr belakang karbu.dah tak coba masukin bensin setutup botol aer mineral ke lobang hisap lgsg amblas alias cepet nresep ke bawah.kalo gas di buka bensin keluarnya ngabut cmn rembes lwt samping kanan bawah karbu.apa mmg harus bongkar mesin n ke tukang bubut..? mungkin brow rahmandhita bisa kasih pencerahan,paling tidak mendekati kebenaran lah..tak tunggu ilmunya,makasih n salam dr jepara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin itu deksel maksutku yang menghubungkan selang bensin sama pelampung, dulu vespa saya juga pernah seperti itu. Coba cek dekselnya bocor/retak soalnya bagian itu juga rawan/rapuh. Mungkin itu saja masbro...

      Delete
  19. bro ane mau tanya,motor ane bagian kaki2 gak enak bner. kalau ada jalan yang gak rata aja langsung oleng motor ane..
    itu kenapa ya? apa gara2 laher roda,ban botak, body gak lempeng..
    mohon bantuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek semua yang dicurigai, jangan2 itu kingpen-nya juga...

      Delete
  20. Kalo lg jalan vespaku sering mati apalagi ditanjakan..ky telat bensin tp kalo diem"mesin ttp idup"lancar di gaspool ..ga masalah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mas, semua saluran bensin di cek mulai dari tangki, kran, selang, pelampung, karbu. Biasanya terdapat kotoran yang bisa bikin vespa jalannya tersendat...

      Delete
    2. mw minta petunjuk lg mas Fikri,
      smuanya udah sy check tp ttp bgt, kira2 apalagi ya yang jd virusnya...thanks..

      Delete
    3. Kalo terjadi masalah di tanjakan, kampas kopling juga berpengaruh mas. Biasanya terdengar bunyi "greeek" panjang ketika perpindahan gigi di tanjakan maupun saat perpindahan dari netral ke gigi 1 secara reflek. Dan kalo dipaksa mesin malah mati...

      Delete
  21. misi bang sama baru make vespa nih, numpang tanya vespa saya kok gas nya gede terus yah padahal udah di stel karburatornya tapi pas di pake lagi tetep gede gasnya, terus kalo vespa di naikin 2 orang malah makin gede lagi gasnya, itu apa ya? mohon bantuan nya dong maklum pemula hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba selidiki bagian yang dicantolin sama kawat gas. Jangan2 ada nyangkut dikit di salah satu dari sekitar bagian itu sehingga gas nggak mau balik ke normal. Atau ada masalah kecil pada selongsong kawat sehingga bikin kawat ga mau balik lagi. Kalo dinaikin makin gede gas-nya karena body yang turun menyebabkan kawat gas itu sedikit menaikkan gasnya. Saya juga pernah mengalaminya, satu komplek gegerr. Hahaha

      Delete
  22. Numpang tanya bung,
    kalau vespa ane itu businya banjir cairan hitam kaya olie, terus gak bisa nyala sama sekali, itu masalahnya pada apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. -Karburatornya kotor mas. Bisa juga banjir mesinnya. Cek dan bersihkan secara berkala karburator tsb.

      Delete
  23. malam bang,ane mau nanya ni stelan platina berubah sendiri, suara mesin gak normal, apanya yang bermasalah ya bg ??

    mohon petunjuk dan arahan nya bg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo stelan platina berubah, coba cek baut platina. Kalo udah mentok (gitu terus) ya ganti bang. Suara mesin gak normal gimana maksudnya? Kalo brebet, coba bersihkan karburator. Cek busi, kalo businya item karena karburator kotor juga bisa. Atau memang karena stelan platina yang bermasalah sehingga pengapian tidak maksimal...

      Delete
  24. Gan mau tanya. ada masalah ma vespa dirumah.
    1.keran bensin udah ditutup tapi bensin ngalir terus. kira" kendalanya apa gan soalnya ane udah pernah cek ma saringan bensin dari tankinya ga ada masalah.
    2.bensin tekor terus. pernah dibersihin pilot jet ma main jetnya. awalnya lancar lagi, tapi 2 minggu kemudian kejadian lagi. malah tekor. kata penggemar vespa yang lewat, dekselnya bermasalah. ada solusinya ga gan buat benerin dekselnya?
    3.mau nanya sparepart yang cocok buat sprint apa aja? (kayak karburator,koil,dan semacamnya)
    thanks gan

    ReplyDelete
  25. 1. Dekselnya bocor kali bro. Coba cek dekselnya, kalo bocor ya bensinnya bisa ngocor kapan aja.
    2. Bensin tekor karena ada hubungannya sama nomer satu.
    3. Sparepart dari paggio aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. abang fikri mau tanya.,
      katanya deksel bisa di ganjl ya dengan kertas yang mengandung alumunium.,biar ga selalu bocor.,
      nah cara mengganjalnya gimana tuh bang.,

      Delete
    2. Biasanya yang bocor bagian yang buat nancepin selang kan? Nah itu bisa pake kertas bungkus obat nyamuk juga, di bikin seperti ring. Fungsinya sebenernya sama kayak packing/perpak...

      Delete
  26. Mau tanya yang jual kunci khusus buat melepas kran bensin dmn ya?soalnya mau melepas kran bensin tp blm punya kuncinya. thx gan

    ReplyDelete
  27. Wah Mas @Darrel, kalo di bengkel2 yang pernah saya kunjungi, mereka kebanyakan membuat sendiri kunci untuk melepas kran tangki...

    ReplyDelete
  28. .vespa ane px84 dikopling mati. gas dilepas mati. kemaren baru diganti spool cdi nya. mohon bantuannya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rooinchan:
      -Dikopling mati: Gigi silang (cek), kawat kopling+presneling (cek) biasanya kendur.
      -Gas dilepas mati: platina (cek), spuyer (cek), stasioner (cek). Selamat mencoba, bisa sakit berlanjut bawa ke bengkel :)

      Delete
  29. PENYAKIT VESPA ADALAH : Laju tersendat,Tiba-tiba Mati,Meletu-Letup,Sulit DiStarter. Inilah DIAGNOSIS yang Lengkap :
    1.KOIL yang sudah JOMPO,karena dayatahan Koil dihitung oleh Jarak Tempuh KILOMETER.
    2.SPUL,yang sudah masa Pensiun.
    3.SPUYER Karburator yang harus Sesuai dengan UKURAN TYPE Karburator yang berbeda tiap Vespa.
    4.PLATINA,harus diStel Ulang,karena Kualitas sekarang Tidak OK,caranya Tambahkan PENJEPIT RING diSELA Lempengannya agar STABIL Kerjanya alias TIDAK BERGOYANG yang mengakibatkan Semburan Api TIDAK STABIL.
    5.BUSI,bersihkan dan Cek apakah Sudah JOMPO?
    (INI KHUSUS UNTUK VESPA YANG BUKAN CDI alias Yang berPLATINA).
    6.Bila masih Tersendat Lajunya : Cek Tangki Bensin,KRAN BEnsin dan SELANGNYA : KOTOR,Sudah JOMPO atau Terlalu Rapat Keran Bensinnya.
    7.Bila MASIH Suka Mati ditengah Jalan :CEK SECHER apakah sudah JOMPO,bila belum :BERSIHKAN.

    ITU TADI TAHAPAN GENERAL CHECK UP alias MEMERIKSA KESELURUHAN.SELAMAT BERCINTA DENGAN VESPA...!ABADI JAYA DIJALAN DIMANA-MANA JANGAN SAMPAI MINTA DIGENDONG,MAKA KESEHATAN HARUS PRIMA...! (SALAM VESPA:MENEER SANTONI-SEMARANG KOTA LUMPIA).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berpartisipasi/komentar tentang masalah pada karburator dan penyelesaiannya. Bermanfaat sekali mas. Salam scooteris! :)

      Delete
  30. SEMUA SUDAH OK,tapi MASIH MOGOK-MOGOK ?:
    1.CEK KOMPONEN DIDALAM DEXEL yang terdapat PELAMPUNG,JARUM KOMPRESOR,bila tidak beres BISA MENGAKIBATKAN SIKLUS BENSIN TIDAK NORMAL.
    2.CEK JARUM SPUYER dan PEMASOK BENSIN,apakah KOTOR atau sudah JOMPO atau SALAH UKURAN?
    3.CEK SKEP GAS alias LEMPENGAN PENGATUR AKSELERASI BAHAN BAKAR,apakah sudah JOMPO?
    4.CEK BADAN KARBURATOR,apakah sudah JOMPO,sehingga TIDAK MENYATU RAPAT dengan Permukaan Badan Mesin?
    5.ATUR STELAN UDARA,yang pasti berpengaruh pada SIKLUS Bahan Bakar agar Hemat,Normal dan Lancar.

    SELAMAT BERCENGKRAMA DENGAN KARBURATOR,AGAR BISA MERAWAT SENDIRI. (SALAM MELAYANG TERBANG BERSAMA ANGIN DIJALAN DIMANA-MANA DIATAS ALUNAN LEMBUT VESPA AGAR TIDAK MINTA DIGENDONG,MAKA HARUS SEHAT)<SALAM:MENEER SANTONY-SEMARANG)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berpartisipasi/komentar tentang masalah pada karburator dan penyelesaiannya. Bermanfaat sekali mas. Salam scooteris! :)

      Delete
  31. Mas ane mau nanya nih mas , kalo ngok itu kenapa ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngok gimana mas? Kampas kopling mau abis tu biasanya bunyi ngok :D

      Delete
  32. Bro mau tanya kalo platina apinya udah biru tapi masih lagi meletup letup apa masalhbya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Businya terlalu rapet atau bisa juga terlalu renggang. Karburator kotor juga, biasanya ada kotoran di spuyernya juga gitu.

      Delete
  33. om saya mau tanya nih...
    karburator saya stasionernya ga bsa d setel...
    klo mau stasionernya rendah atw bsa d setel harus d sumpel d lubang dkt lubang venturi...
    tu kira2 knp dan solusinya gmn?
    mathur suwun

    ReplyDelete
  34. Kemungkinan mas @Andi:
    1. Kawat/kabel macet dan seret coba di cek lagi mas.
    2. Masang karbu kekencengan, jangan kenceng2 banget, dikira-kira pas aja jangan terlalu kenceng.
    3. Karbunya agak error/rusak, bisa juga karena kotoran jadi katup gasnya seret.

    Jika masalah berlanjut segera bawa ke bengkel :)

    ReplyDelete
  35. mas mau tanya vespa ane px 82
    kalau digas pelan brebet tapi kalau di banterin normal kalau pas brebet di terusin (dipanjer) karburator meletus/nembak
    busi udah ganti baru, stelan angin-angin + kompresi sudah distandartin, karburator udah di bersihin
    kira kira apanya mas ya, mohon bantuannya
    trims
    salam scooteris

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas Dimas, Platina apa CDI mas? Kalo pake platina biasanya jaraknya terlalu renggang atau bisa juga terlalu rapat...

      Delete
  36. mas saya mau nanya nih, penyebab bensin boros apa aja mas? mohon rincian dan penyelesaiannya mas :D trims *salam scooterist

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Abdan:

      -Pengapian nggak sempurna. Pengapian mendukung proses pembakaran, sehingga pengapian yang kurang sempurna juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Cak semua komponen pengapian (Platina, koil, busi).
      -Lobang spuyer kegedean. Kalao lubang spuyer kegedean bensinnya ngalir deras. Ukuran lubang spuyer yang pas adalah yang standart pabrikan.
      -Ukuran karbu/settingan mesin juga bisa berpengaruh boros/tidaknya konsumsi bakan bakar.

      Delete
  37. Mas fikri saya mau nanya nih. Soal vespa sy :
    - Ban belakang oleng padahal sdah dicoba beberapa velg tpi tetap oleng.
    - Posisi tromol yg terlalu rapat bahkan sampai ban kandas di penutup kampas kopling (akibatnya penutup kampas kopling di bag mesin sdah hampir bolong).
    - Ban belakang yg posisinya miring di tanah dan berefek pada ban yg habis sebagian.
    Mohon pencerahannya mas apakah yg bengkok tromol, atau as mesinnya. Makasih sblmnya mas fikri

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rise_Strawhat: Ada di postingan saya yang lain, ini linknya mungkin bisa membantu :) http://sleepscooter.blogspot.com/2013/08/vespa-terasa-miring-saat-dikendarai.html

      Delete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. kang ane mau tanya...
    ane punya px exclusive 2 pake CDI.
    satu bulan lalu seher ane oversize 2m.
    kendalanya adalah ketika saya ngaspal berjalan kira2 7-8 km tiba2 mesin mati klesek dengan bunyi ngooooooookk. akan tetapi saya stater lagi langsung jalan. tapi 3-4 km mati lagi dan begitu seterusnya.... yang saya tanyakan itu kira2 apanya ya kang??? padahal takaran bensinya adalah 10rb = 4 tutup botol oli mesran. mohon pencerahanya... thz

    ReplyDelete
  40. Wah susah nih mau jawab gimana. Ngreyen-nya gak pas mungkin bang @Ridwan. Setahu saya kalo ngreyen itu oli-nya emang dibanyakin. Coba tanyakan pada bengkel terdekat mas. Mungkin ada pengunjung blog ini yang bisa menambahkan? Silahkan :)

    ReplyDelete
  41. nunpang nanya mas> vesva saya super 74 awalanya vespa saya tidak mau lamsam, kayak ngegas terus, kemudian saya ganti karbu baru masalahnya tetap sama...mohon dicerahkan terimakasih

    ReplyDelete
  42. @mas Dewa Made: Pasang karbunya jangan kekencengan mas, kalo kekencengan ntar gasnya gak mau balik lagi...

    ReplyDelete
  43. aslm. kang, sy mau tanya.. vespa sy super 77. blok udh oversiza 100. karbu standar super, knalpot drc racing standar, koil mantep, busi ok, platina jos.. tapi klo d tarik kenceng, tenaganya nahan d ujung. kaya gak bisa pol lariny. itu biasanya masalah d mananya?
    ap knalpot gak sessuai, atw setelan karbu yang gak pas sm oversize nya? n sebaiknya pake spuyer yang ukuran berapa untk blok yg gede gitu? mksh sblmnya..

    ReplyDelete
  44. aslm. kang, sy mau tanya.. vespa sy super 77. blok udh oversiza 100. karbu standar super, knalpot drc racing standar, koil mantep, busi ok, platina jos.. tapi klo d tarik kenceng, tenaganya nahan d ujung. kaya gak bisa pol lariny. itu biasanya masalah d mananya?
    ap knalpot gak sessuai, atw setelan karbu yang gak pas sm oversize nya? n sebaiknya pake spuyer yang ukuran berapa untk blok yg gede gitu? mksh sblmnya..

    ReplyDelete
  45. maaf kang, mksdny super 73... hehe

    ReplyDelete
  46. Untuk bisa mencapai kecepatan maksimal, setiap pengguna harus menyesuaikan semua komponen mesin agar kecepatan yang diinginkan tercapai. Nah, untuk bisa lari maksimal, pengguna juga mesti tahu perhitungan agar kinerja mesin juga maksimal. Karburator untuk mencampur udara dengan bahan bakar sehingga bahan bakar bisa terproses untuk pembakaran. Jika bahan bakar yang tersupplay ke karburator kurang maka tenaga yang dihasilkan juga akan berkurang sehingga bisa jadi laju motor tidak maksimal. Karburator khususnya vespa memiliki ukuran yang berbeda-beda (standart). Untuk vespa yang memiliki cc tinggi memiliki ukuran karburator yang besar pula. Nah kemungkinan jika men-setting vespa untuk kecepatan tinggi namun daya yang dihasilkan juga dirasa kurang maksimal, cobalah menggunakan karburator yang memiliki ukuran yang dirasa pas untuk settingan mesin. Selamat mencoba...

    ReplyDelete
  47. Bro mau nanya vespa gue 76 untuk ngatasin knalpot pariasi kandas pada tanjakan kecil,gmna ya bro.????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stelan knalpot mesti disesuaikan sama mesin biar pas ditarik kenceng ataupun pas nanjak nggak hilang tenaganya bro...

      Delete
    2. Thanks ya bro,..mau nanya gmane cara pasang kingpen vespa super bro.?

      Delete
  48. bro ane mau nanya ni . vespa super ane thn 76 . nah klo d tanjakan mtor ane sellu lambat laju nya ,bahkan klo d over gigi dr 3 ke 2 ke 1 tenaga malah menurun ,pdhal beban cmn sya doang . satu lagi bro, kecepatan super 76 apa emng rata'' skitar 60km/jm soal nya vespa ane udh d gaspol jg tetap sekitar 60km an (motor ane gda spidometeran) malah ngegerung si mesin .saking gbsa naik kecepatan . nah gimna tuh bro fikri .. kasih pencerahan ya .
    oh iya kampas kopling vespa berpaan yg paling murah bro . maaf y soal nya ane baru'' beli vespa . hhe .
    thx bro fikri salam scootrs ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas dioper ada suara greek panjang gak bro? Kalo iya berarti kampas kopling mau abis. Kalo pengen lebih kenceng hubungi bengkel terdekat, kecepatan vespa kalo menurut saya itu tergantung pemakai sebelumnya, kalo pemakai sebelumnya terbiasa make vespa gak pernah buat kenceng ya mesinnya terbiasa gak kenceng. Kampas kopling sekitar 38.000 bro kalo belum naik...

      Delete
  49. gan ane mau tanya ni motor ane px 82, kendalanya nembak terus,kemarin udah di otak atik platina nya ada apinya,tp udah jarak 1 km nembak lagi, trus ane coba bersiin karbu sama ganti spuyernya semua satu set , alhamdulillan enakan,tapi jarak 1 km lagi nembak lagi gan, solusi ane terahir ane ancurin tuh keramik yg ada pada pelatuk busi nya,eh enakan gan g mati2 tuh motor ,karna ane pengen motornya normal kira2 gmana tuh gan solusinya?

    ReplyDelete
  50. Cek dan setting ulang semua komponen pengapian mulai dari busi, koil, platina, kalo dikira ada yang perlu diganti dari komponen2 tersebut ya diganti. Pengapian bagus bakalan lebih enak dipake jalan dan juga bisa lebih irit.

    ReplyDelete
  51. mas nimbrung tanya yaaa.... mas kok vespa saya, kalo dipake itu ndut - ndutan kyk naik kuda ya jalannya? kira - kira knapa y? btw kalau di jogja bengkel vespa yang bagus dimana yah?

    ReplyDelete
  52. Ndut-ndutanya gimana mas, ada banyak kemungkinan vespa ndut-ndutan. Mas di daerah mana? Ni saya kasih info bengkel vespa di Yogyakarta dan sekitarnya:
    1. Jalan Jogja-Solo km 15 (dari arah jogja). Cahaya Motor proliman ke utara, bengkelnya kiri jalan.
    2. Jalan Palagan. Bengkelnya mas Tosan. @TSS_Servizio
    3. Jalan jogja-solo km 11. Sorogenen Purwomartani Kalasan. Bengkelnya mas Sidi.
    4. Dusun Kalibutak, Randusari, Prambanan, Klaten. Bengkelnya mas Antok Paveo facebook/antok.paveo
    5. Jalan Sultan Agung sekitar 500 meter dari puro pakualaman. Bengkelnya mas Dimas Bavesta
    6. Bengkel Vespa Depan Fakultas Teknik UNY.
    Sebenarnya masih banyak bengkel Vespa yang lainnya, itu saja yang saya ingat mas...

    ReplyDelete
  53. min numpang tanya nih klo g mau langsam,apanya ya..?klo stengah di tutp karbunya mau langsam tp gas gde..intinya ga mau gas kecil..karo trun gas pasti mati..spuyernya udah di bersihin min.pelampung udah di buka..tp g tau normal apa g masuknya bensin..
    seblmnya terima kasih min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Rio Habibie: Cobe di cek stasionernya :)

      Delete
  54. mas.!! vespa saya, tidak bisa lamsam, dan jarumnya mw di putar ke mana pun gak ada pengaruhnya.!
    trus, vespa saya klo tidak di jalannkan, mesinnya selalu ke banjiran bensin, jadi susah hidupnya.!! busi selalu basah.!!

    tolong pencerahannya ya mas..??!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Anewsta Ginting: Coba mas cek skep karburatornya, biasanya kalo udah diganjel berarti memang ada masalah dan perlu diperbaiki. Mesin banjir itu biasanya pelampungnya gak berfungsi dengan baik, jadi kalo vespa berhenti perlu diganjel standarnya biar miring ke kiri. Kalo bensin menetes terus akan masuk ke mesin dan pas di slah bensin yang masuk ke mesin memercik ke busi sehingga busi menjadi basah. Cek pelampungnya mas kalo perlu diganti ya diganti.

      Delete
  55. permisi mas mau nanya nih,,ane punya sprint 76.ada masalah pada koplingnya.jika koplingnya ditarik putaran mesinnya jadi lambat terus mati,,kalo dipaksain jalan gak berfungsi tuh kopling.apalagi lampu merah..kampas udah ganti.
    atu lagi vespa itu susah bgt hidupnya kalo udah dingin mesinnya, mohon solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas maink mubarak: Itu kawat koplingnya kendor mas, kencengin dulu. Atau belah mesinnya mungkin gigi palangnya. Kalo susah nyala pas berhenti lama itu mungkin banjir, cek pelampungnya mas mungkin ada masalah. Jika pelampung gak berfungsi bensin akan terus menerus menetes ke karbu dan masuk ke mesin, dan kalo di selah businya jadi basah...

      Delete
  56. misi mas mau nanya...klo dari lubang venturi nyembur bensin pas di gas kenapa ya ??? minta solusinya mas...makasih.

    ReplyDelete
  57. Kemungkinan sil krek asnya bermasalah pak. Coba di cek atau ganti yang baru kalo perlu...

    ReplyDelete
  58. Saya punya pengalaman kemaren vespa pts saya, dinyalain vespa mau langsam, ketika di gas kenceng vespa tersendat-sendat, pas dicek taunya spullnya kendor, dikencengin ngebut lagi tuh tuh vespa.... hihihi, sharing pengalaman saja.... biasanya hal2 yg dianggap sepele malah bikin rusak... hihihihi .... Salam Vespa Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Betul mas, hal2 yang dianggap sepele terkadang bisa menimbulkan masalah yang serius. Terimakasih telah berbagi di Sleepscooter :)

      Delete
  59. misi ya saya mau numpang tanya , vespa exclusive th.94 ..
    iseng2 maen ke bengkel minta di setting karbunya biar nggak nahan tarikannya , stelah di setting+spuyer digantii emng jalannya agak entengan , pas sampe rumah sekitar jam 4 sore keran bensin lupa ditutup sampe jam 10 pagi besok harinya baru liat n lgsung ditutup ,, pas di nyalain pertama normal dan jalan kira2 10meter setelah itu mati , saya cek busi basah , terus busi udah di bersihin n bisa jalan lg cuma 1meter , kalau mau mati lajunya tersendat-sendat kaya bensin gak turun ,, sampai skrang blom bisa hidup ,, kira2 yg bermasalah di karbu atau di tangki/selang atau apanya lur ??

    mohon pencerahan lur , makasih :)

    ReplyDelete
  60. @mas Inoy Warkop: Itu banjir mas kalo businya basah. Coba cek pelampungnya itu mungkin juga karena pelampungnya seret/ada kotoran yang bikin seret. Periksa lagi spuyernya mas mungkin juga ada kotoran yang bikin lobang spuyer jadi buntu...

    ReplyDelete
  61. mas mau tanya kalok baut as roda belakang kok mudah kendor ya padahal udah di kencengin pol masih aja lepas jadi nya gigik teromol belakang jadi aus solusi nya gimana ya mas

    ReplyDelete
  62. @Mas Prasojo Eko: Itu as-nya di drat lagi mas. Saya pernah mengalami seperti itu, dibawa ke bengkel bubut nanti dratnya di perbaiki biar gak kendor terus...

    ReplyDelete
  63. mas ane tanya kenapa vespa ane silinder copnya sudah dikepras, tengki bensin ok, kaburator bersih, paking ok, olor gas mantap, tp knpa gasnya suka kencang sendiri. vespa ane px 80.... tanks..........

    ReplyDelete
  64. Pasang karburatornya kekencengan. Biasanya kalo kekencengan pasang baut karbu ntar skepnya susah balik nah itu yang bikin gasnya kenceng sendiri...

    ReplyDelete
  65. misi om...
    mau tanya, vespa saya ko kalo di ajak ngebut'a suka tersendat" yaa om..
    kaya mao abis bensin..
    padahal karburatornya udah saya bersihkan om..
    tolong info'a yaa om..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelan angin karbu nya kurang pas mungkin om :D

      Delete
    2. coba dicek pengapiannya bro, magnetnya mungkin...

      Delete
  66. mas bro mau nanya, kalo kran bensin ngalir terus masalah gak ya? jadi tumpuan main di pelampung aja, soalnya kran bensin rusak ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek di sambungan selang ke pelampung bro. bagian itu yang paling rawan terak, jadi bensinnya ngalir/netes terus. atau kran rusk bisa juga, kalo pas berhenti diganjel aja standar yang kanan...

      Delete
    2. sudah tak ganti kran bensin, tangki mulus beserta deksel satu set mudahan gak banjir lagi hehe

      Delete
  67. slmt sore, kebetulan skrg posisi lg trouble, di selah idup tpi tersendat sendat mesin nya seperti bensin ga lancar, tpi klo di miringin baru bensin nya lancar,
    tangki sdh dibersihkan, selang ganti baru, karbu sdh dibersihkan, spuyer ganti baru plus ukuran standar.. tapi knp msih demikian?

    slmt sore n selmt menikmati kopi masing"

    ReplyDelete
  68. Cek semua komponen pengapian masbro, kalo nggak koilnya ya platinanya mas, biasanya kalo ada masalah di sekitar itu, ujung busi menjadi hitam...

    ReplyDelete
  69. bro..tolong ane dong.. ane punya vespa PS 86 lgi ngambek, nerjang banjir ampe ban'nya kelelep nda papa, masih idup...besokkanya ntu PS nda mau idup..cek busi nda ada apinya, ganti busi tetep juga..trus cek koil nda ada apina juga (ampe ane gantti coil vespa satu lagi yg 64 juga nda mau)...spul semuanya ada apinya...jadi binun nih..mohon pencerahan..makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Isunabe, kalau kena air biasanya logam akan timbul karat masbro, nah bisa juga karena air itu pula terjadi konslet. Biar gampangnya ditunggu kering dulu atau dijemur vespanya. Kalau tetap nggak mau nyala, coba di cek bagian platinanya mas. Bersihkan platina pake amplas. Tapi kalau menurut saya sih itu konslet masbro, jadi semua apinya ilang. Saya juga pernah gitu soalnya. :))

      Delete
  70. bos numpang nanya nih, vespa ane ga ada pengapian di platinanya, tapi di kabel busi ada. platinanya udah ane ganti tapi tetep aja kaga ada, itu kenapa ya gan ??? butuh pencerahannya gan

    ReplyDelete
  71. @Try Yuwono: Dari pengalaman saya, kipas/magnet yang mulai memiliki gejala habis masa pakainya biasanya membuat api pada platina tidak tercipta secara maksimal. Jika dipakai untuk jalan vespa akan tersendat seperti mau kehabisan bensin. Tapikan gak responsif dan 'mbrebet'. Coba di cek lagi bro, kalau perlu hubungi bengkel terdekat untuk konsultasi lebih lanjut. :)

    ReplyDelete
  72. ass wr wb... mau nanya nih kang, vespa saya super 72, permasalahan nya tuh seperti bensin gak turun ke karbu, pas pertama di selah susah hidup padahal udah dimiringin, begitu udah nyalah, ditarik gasnya malah dikit2 perlahan mesin mati kaya bensin mau habis.....giliran udah nyala joss dibawa jalan sekali pun. kalo mesin dimatiin mau dinyalain lg susah....feeling saya sih ada masalah dikarburator.. mohon pencerahannya kang + solusi>> trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Aif:

      1. Pelampung yang ada di tabung itu tersendat mas, coba di cek, di bersihkan.
      2. Cek selang/kran bensin dari tangki bensin mas, mungkin ada kotoran/kerak yang menyumbat aliran bensin ke karbu.
      3. Kalo mesin mati lama, kemudian dinyalainnya susah, mungkin itu banjir. Ada kebocoran di perpak, jadi bensinnya ngerembes ke karbu. Nanti pas dinyalain, cek deh businya, kalo basah berarti positif banjir..

      Delete
  73. Alll mau tanya ...kenapa ya mesin vespaku dibagian belakng dekat sok selalu basah dengan oli tpi ga basah basah amat sih( ga sampe netes) apa solusinya ?...tengkiyuuu :)

    ReplyDelete
  74. @Naufal: Coba ganti perpak/packing yang jadi alas karburator. Mungkin juga karena pelampung agak seret jadi gak nutup sempurna, coba di cek lagi, bersihkan bagian/tempat pelampungnya. Mungkin itu ada residu oli yang merembes lewat lubang karbu yang belakang.

    ReplyDelete
  75. mas mau tanya ni,, vespa saya bisa hidup tapi kalo di gas kok mbrebet2 itu apanya ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permasalahannya:
      1. Busi mau mati.
      2. Platina hampir habis masa kerjanya.
      3. Karburator kotor.
      4. Selang bensin, kran bensin dari tanki kotor karena kerak.
      5. Pelampung seret.
      Coba cek semua itu mas, selamat mencoba. Atau jika masih bermasalah, silahkan hubungi bengkel terdekat :)

      Delete
  76. mas'e saya baru ganti busi sama koil tapi ko brebet sama nembak keluar api,trus lamsang sam sekali ngga ada, gimana mas pencerahannya??

    ReplyDelete
  77. Kalau masih pake platina, coba cek platinanya mas... :)

    ReplyDelete
  78. mas, vespa saya gasnya tinggi sendiri, ga bisa nertal. dan setiap digas tinggi lambat untuk turunnya, kadang ga mau turun. tolong pencerahannya mas. tks...

    ReplyDelete
  79. @Mas Gatot: Coba skep karbunya di periksa mas, kalo skepnya seret biasanya gak mau balik lagi dan gasnya gak mau turun...

    ReplyDelete
  80. @sleepscooter: sudah dicek mas skep karbunya, tali gasnya juga oke2 aja tidak ada yang seret. setelan gasnya pun udah paling rendah, tapi putaran mesinnya ketika dipanasin pagi2 atau habis dibawa jalan dan berhernti di lampu merah tetap aja tinggi tidak mau langsam, . mohon pencerahannya sekali lagi ya mas...tks..

    ReplyDelete
  81. @mas gatot: coba di test dengan karbu lain juga mas, kalo pake karbu lain bisa langsam berarti karbu vespa mas gatot ada masalah dan harus diganjel karbunya. Biasanya kalo sampai kondisi yang lebih parah, bisa jadi sil as kruknya rusak jadi businya cepet mati, terus baut karbunya ada yang gak beres itu buat komposisi udara dan bahan bakar terganggu di karburator jadi nggak mau langsam...

    ReplyDelete
  82. Mas.. kalau ganti karbu pakai jepangan ( rx atau PE ) apa harus pakai membran?
    Vespa 150cc std pakai karbu PE28 ukuran pilot dan mainjet sekitar berapa ya?
    Thanks...

    ReplyDelete
  83. @sleepscooter: terimakasih mas, ternyata seal kruk as nya yang bocor dan klahar kruk as nya juga udah soak. alhamdulillah vespa saya udah oke. thks... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Gatot: Siap mas, sama-sama. Terimakasih telah berkunjung ke blog kami. Salam scooteris! :)

      Delete
  84. gan vespa saya sering jammed padahal oli samping sudah banyak 1 liter bisa 3 tutup saya campur,sering saya akalin masukin oli samping lewat karbu bisa jalan tp gak lama gitu lagi,terus mesin cepat panas sama gas suka naik sendiri gan,mohon pencerahannya dari agan2 sekalian

    ReplyDelete
  85. @Abdul Aziz: Ring sekhr mungkin 'kena' bro, terlalu panas itu karena oli mesinnya udah mesti ditambah lagi. Gasnya suka naik sendiri coba cek stasionernya...

    ReplyDelete
  86. mas numpang nanya motor vespa saya kok gaak mau nyala di pasang penyaring karbu n' penutup karbu, tp klo di lepas dua-duanya bisa nyala...
    pdhal udah d stel karbux, n' udah di servis.....

    mohon bantuannya mas ??

    ReplyDelete
  87. @Mas Noor Akhmad: Coba mas di cek lagi baut "pengatur angin" yang di bagian belakang karbu, itu biasanya sirkulasi udara di karbu gak berjalan dengan baik, karena proses pembakaran juga memerlukan udara. Jika pencampuran udara dan bahan bakar terganggu maka proses awal pembakaran juga akan terganggu. Proses pembakaran akan berjalan baik apabila udara, bahan bakar dan pengapian semuanya bagus.

    ReplyDelete
  88. Mas mohon pencerahan dan doanya dong.vespa spesial kesayangan ane kalo di gas mati.terus di nyalahin susah lagi.kenapa ya?tolong ya
    Salam semuanya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ryoko: Coba mas di cek karbunya, kemungkinan karbunya kotor sehingga ketika digas, aliran bahan bakar tidak lancar. Kemungkinan kedua adalah banjir, ini juga bisa mengakibatkan vespa sulit diselah. Coba bawa ke bengkel terdekat.

      Delete
  89. mohon bantuanx all mas broo..vespa gw lamsangx suka naik sendiri,ktika d kopling,,jadi susah oper perseneling..udh gonta ganti karbu msh tetap bgtu,,,apa mesti d oversise yaa?

    ReplyDelete
  90. @masChoshy: kalo gas gede sendiri biasana stasionernya bermasalah bisa jg karena lakhr as kruknya udah ga beres, coba dicek dulu. Kalo masalah susah oper Gigi itu kemungkinan karena kawat koplingnya kendur...

    ReplyDelete
  91. mas mau nannya nihh,,,maaf masih pemain baru..
    punya ane super 75,klo diidupin mah biasa aja..giliran buat jalan tersendat-sendat,apa lagi klo mau dibawa ngebut langsung mati,businya ane cek kering mas..itu kira-kira kenapa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mirat: Itu ada beberapa kemungkinan mas, pertama platinanya bermasalah (kalau pake platina), kedua karburatornya kotor, pelampungnya nggak mau balik jadi bensin nggak ngalir dengan baik, ketiga koilnya mau mati. Coba cek kesemua itu mas...

      Delete
  92. mas mau nanya nih, vespa ane px 81, kalo di gas kenceng teersendat2 kayak bensin telat, pas di cek bensin turunnya cuma netes gag bisa lancar, solusinya gimana yaa?? m0hon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Bahtiar Juliaz:
      Permasalahannya:
      1. Busi mau mati.
      2. Platina hampir habis masa kerjanya.
      3. Karburator kotor.
      4. Selang bensin, kran bensin dari tanki kotor karena kerak.
      5. Pelampung seret.
      Coba cek semua itu mas, selamat mencoba. Atau jika masih bermasalah, silahkan hubungi bengkel terdekat :)

      Delete