Thursday, August 22, 2013

MOHON PENCERAHANNYA OM...




Kalo ada yang kurang, mohon pencerahannya om... hehehe

Thursday, August 15, 2013

Piaggio GTV 300 IE

Varian baru Vespa sudah hadir di 2013 ini. Kali ini Vespa hadir dengan desain terbarunya yang futuristik namun tetap elegan dengan gabungan desain convensional dan modern. Lahirlah generasi terbaru yang mengadaptasi versi lamanya, GTV 250 IE. varian terbarunya kali ini hadirkan pesona menantang dari GTV 300 IE. Memang ini adalah vespa baru yang masih banyak mengadaptasi performa dan penampilan generasi lamanya Ternyata memang masih ada sedikit gen dari generasi lama tahun 1950-an dan 1960-an. Contoh yang paling terlihat adalah headlight- nya sebenarnya mirip produk awal-awal vespa di Pontedera, Italy.

Masalah permesinannya, Vespa baru ini dilengkapi dengan mesin SOHC 4 takt. Sehingga, dengan mesin itu Vespa ini bisa mendapatkan kekuatan sebesar 21.1 hp dan torsi 22,3 Nm pada 5.250 rpm. Dan jangan lupa kalau Vespa terbaru ini juga dilengkapi sistem fuel-injection. Jelas, larinya tetap akan lincah tapi juga sangat irit bahan bakar. Jika Anda menginginkan ke elaganan dan keunikan Vespa GTV 300 IE ini, Anda bisa mulai mempersiapkan dana sebesar $6999 atau sebanding dengan Rp 69 jutaan.



Sumber: FACEBOOK

Wednesday, August 14, 2013

Ciri Karburator Yang Perlu Diganti

 


Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...Karburator...

Bagaimana menandai bahwa karburator harus diganti?

1. Spuyer sudah oglek jika dimasukkan kedalam lubangnya.
2. Karburator pecah/bocor dan sudah berkali kali di tambal pake plastic steel (plastik steel terlihat seperti tumpukan upil).
3. Membutuhkan banyak perpak dalam pemasangannya (perpaknya berlapis-lapis).
4. Bagian bawah karburator melengkung yang menyebabkan pemasangan tidak sesuai dan membutuhkan (lihat no.3)
5. Ada yang mau nambahin? :)

Tuesday, August 13, 2013

Vespa Terasa Miring Saat Dikendarai (Standart)

Posisi ban dengan bodi berada satu garis lurus ketika di standar-kan. Namun adapun ketika dikendarai mengapa Vespa terasa miring?

1. Pada bagian depan.

Pada saat posisi berhenti atau di standar-kan, terlihat biasa-biasa saja. Tapi ketika dipakai, pada saat ingin berbelok, terasa kemudi atau stang berat sebelah, biasanya juga disertai dengan ban yang terlihat tergores di bagian sampingnya atau kemakan sebelah. Bisa jadi itu adalah as ayun/kingpen anda sudah ingin pensiun. Cobalah ganti dengan yang baru! Cara mengetahui as ayun/kingpen yang harus diganti adalah, ketika berhenti, anda goyangkan ban depan dengan menggunakan tangan anda, jika ban kocak/oglek, nah itu berarti kingpennya sudah perlu diganti. Selain itu yang patut kita selalu perhatikan saat ingin berkendara jauh adalah baut poros roda. Periksalah secara berkala, terkadang baut tersebut kendur walaupun ini jarang terjadi. Periksa juga baut-baut yang berada di sekitar velg Vespa anda. Ini juga bisa kendur, oleh sebab itu perlu kita mengecek baut-baut yang ada di sekitaran roda untuk memastikan baut-baut tersebut tidak kendur. Bisa juga terjadi karena fork depan sudah oglek, cara mengetahuinya: pegang slebor depan dengan kedua tangan kemudian goyang-goyangkan, jika sudah kocak/oglek maka anda perlu mengganti bagian-bagian disekitaran fork seprti laker yang sudah kocak atau jika pernah terjatuh, fork terasa kocak/oglek bisa terjadi.

2. Pada bagian belakang.

Pada bagian belakang biasanya juga terjadi penyebab Vespa terasa miring saat dikendarai. Hal seperti ini kemungkinan terjadi karena karet bodi/chassis yang sudah mati/mengeras dan keropos. Karet bodi ini sebenarnya tahan lama dan biasanya montir di bengkel akan mengatakan perlu ganti jika memang perlu ganti karet bodi tersebut. Kemudian kesalahan pemasangan as/poros roda belakang yang tidak center alias sedikit miring, ini bisa terjadi jika pemasangan laker juga miring. Karet shock breaker belakang yang meleset atau patah namun tidak begitu diperhatikan oleh pengendara juga bisa menyebabkan Vespa terasa miring saat dikendarai. Menyebabkan bagian samping ban tergores dengan bak kopling. Awas ini bisa jadi masalah serius jika pengendara tidak peka merasakan kejanggalan yang terjadi. Bisa-bisa bodi vespa turun (ceper) dan ban belakang habis tergores bak kopling, juga pembungkus shock breaker belakang juga akan meleleh.

3. Pada bagian bodi Vespa.
Pada bagian bodi yang menyebabkan Vespa terasa miring saat dikendarai adalah kemungkinan Vespa tersebut pernah menabrak atau pernah mengalami kecelakaan. Hal ini bisa menyebabkan bodi menjadi tidak center atau tidak lurus alias miring. Jika dilihat dengan mata biasa, maka miringnya bodi tidak begitu terlihat kecuali memang sudah benar-benar terlihat miring. Namun ini bisa dirasakan ketika dikendarai jika bodi yang miring tersebut tidak dicenterkan.

Demikian tadi beberapa masalah Vespa terasa miring saat dikendarai. Jika ada kurangnya mohon ditambahi. Jika ada lebihnya ambil sebagai hikmahnya. Salam Scooteris :)

Friday, August 9, 2013

Selamat 'Idul Fitri 1434 H


Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan kemarin diterima oleh Allah SWT. Aamiin...