1. Pada bagian depan.
Pada saat posisi berhenti atau di standar-kan, terlihat biasa-biasa saja. Tapi ketika dipakai, pada saat ingin berbelok, terasa kemudi atau stang berat sebelah, biasanya juga disertai dengan ban yang terlihat tergores di bagian sampingnya atau kemakan sebelah. Bisa jadi itu adalah as ayun/kingpen anda sudah ingin pensiun. Cobalah ganti dengan yang baru! Cara mengetahui as ayun/kingpen yang harus diganti adalah, ketika berhenti, anda goyangkan ban depan dengan menggunakan tangan anda, jika ban kocak/oglek, nah itu berarti kingpennya sudah perlu diganti. Selain itu yang patut kita selalu perhatikan saat ingin berkendara jauh adalah baut poros roda. Periksalah secara berkala, terkadang baut tersebut kendur walaupun ini jarang terjadi. Periksa juga baut-baut yang berada di sekitar velg Vespa anda. Ini juga bisa kendur, oleh sebab itu perlu kita mengecek baut-baut yang ada di sekitaran roda untuk memastikan baut-baut tersebut tidak kendur. Bisa juga terjadi karena fork depan sudah oglek, cara mengetahuinya: pegang slebor depan dengan kedua tangan kemudian goyang-goyangkan, jika sudah kocak/oglek maka anda perlu mengganti bagian-bagian disekitaran fork seprti laker yang sudah kocak atau jika pernah terjatuh, fork terasa kocak/oglek bisa terjadi.
2. Pada bagian belakang.
Pada bagian belakang biasanya juga terjadi penyebab Vespa terasa miring saat dikendarai. Hal seperti ini kemungkinan terjadi karena karet bodi/chassis yang sudah mati/mengeras dan keropos. Karet bodi ini sebenarnya tahan lama dan biasanya montir di bengkel akan mengatakan perlu ganti jika memang perlu ganti karet bodi tersebut. Kemudian kesalahan pemasangan as/poros roda belakang yang tidak center alias sedikit miring, ini bisa terjadi jika pemasangan laker juga miring. Karet shock breaker belakang yang meleset atau patah namun tidak begitu diperhatikan oleh pengendara juga bisa menyebabkan Vespa terasa miring saat dikendarai. Menyebabkan bagian samping ban tergores dengan bak kopling. Awas ini bisa jadi masalah serius jika pengendara tidak peka merasakan kejanggalan yang terjadi. Bisa-bisa bodi vespa turun (ceper) dan ban belakang habis tergores bak kopling, juga pembungkus shock breaker belakang juga akan meleleh.
3. Pada bagian bodi Vespa.
3. Pada bagian bodi Vespa.
Pada bagian bodi yang menyebabkan Vespa terasa miring saat dikendarai adalah kemungkinan Vespa tersebut pernah menabrak atau pernah mengalami kecelakaan. Hal ini bisa menyebabkan bodi menjadi tidak center atau tidak lurus alias miring. Jika dilihat dengan mata biasa, maka miringnya bodi tidak begitu terlihat kecuali memang sudah benar-benar terlihat miring. Namun ini bisa dirasakan ketika dikendarai jika bodi yang miring tersebut tidak dicenterkan.
Demikian tadi beberapa masalah Vespa terasa miring saat dikendarai. Jika ada kurangnya mohon ditambahi. Jika ada lebihnya ambil sebagai hikmahnya. Salam Scooteris :)
Demikian tadi beberapa masalah Vespa terasa miring saat dikendarai. Jika ada kurangnya mohon ditambahi. Jika ada lebihnya ambil sebagai hikmahnya. Salam Scooteris :)
lalu cara mengatasi body yang miring bagaimana??
ReplyDelete@Mas Carex: Kalau bahasa bengkelnya, di"center"kan mas... :)
ReplyDeleteBengkel yang bisa center body di surabaya dmn yaa??
Deletedi belek gan bodynya abis itu di las lagi...
ReplyDeleteMas. Saya sudah ganti king pen3 kali. Body saya alhamdulilah lempeng bgt. Karet body aman² aja sih kata org bengkel. Apanya yg kena ya mas.. Bingung nih mas.
ReplyDeleteMau lempeng bgt apa harus di cek semuanya?
iye om ban depan ane kemakan. kingpeng atau as ayun nye ye kira2 ??
ReplyDeletePermisi bang, mau nanya vespa sy jg miring dan shockbraker belakangnya lepas. Mohon solusi
ReplyDeleteMas bro..ban depan oglak apa cukup as ayun aja yg diganti..as rodanya ga perlu diganti..
ReplyDeleteMas bro..ban depan oglak apa cukup as ayun aja yg diganti..as rodanya ga perlu diganti..
ReplyDeleteko ban belakang saya kena shok ya jadi bagian samping ban itu kemakan? apa dari karet chasisnya minta di ganti ?
ReplyDeleteDudukan shoknya ambeles kali om,sama kaya saya dulu,ambles jadi mempet sama sok abis ban,trus saya bawa ke tukang las khusus body vespa,di tangerang selatan eh normal lg
DeleteTukang lasnya dimana om kalo boleh info
Deleteom mau nanya nih kenapa yang ban depan saya goyang, laher sama as ayun udah di ganti, ban belakang juga sedikit goyang om ?
ReplyDeleteOm mau tanya ban belakang saya miring sengga mepet ke sok belakang, sulusi anya apa mad ya
ReplyDeletekaret sasis nya ganti om
DeleteKalok skok goser/gesekan sama ban kendala skoknya apa ya, soalnya ban belakang pas dan senter
ReplyDeleteganti montingnya mas
Deleteganti montingnya mas
DeleteCenter apa ya itu artinya
ReplyDeletetengah/sejajar, body center = body lurus sejajar
DeleteStang vespa saya nggk lurus ama ban depanya gara gara numbur pohon yang lain aman gmna ya cara memperbaikinya
ReplyDeleteBan belakang saya enggak lurus atau tidak center kedepan dan keatas,apa solusi nya broo?
ReplyDeleteBisa juga miring gara2 tromol... kemaren sprint saya ganti tromol gak tau punya vespa jenis apa pas dibawa jalan bodynya jadi miring hehehe.... akhirnya tromol lama dipasang lagi
ReplyDeleteSama. Sy ganti tromol koq jd terasa miring..apa iya ya?
Deleteketika jalan bodi dan stang terasa miring, tapi pork dan bannya terlihat lurus, itu apanya ya om?
ReplyDeleteMau tanya nih kenapa ya ko ban belakang vespa saya tidak sejajar sama spakbor belakang ya? (ban belakang nya terlalu ngebuang kekirii) itu solusi nya gimana yaa?
ReplyDeleteKalau body tidak center akan mempengaruhi mesin juga gak iya ?
ReplyDelete