Karburator sering kotor. Masalah ini langsung berdampak pada laju vespa, melaju tersendat-sendat bahkan mesin akan sulit hidup, busi juga bisa boros. Cara mengatasinya:
a. Bersihkan tangki bahan bakar.
b. Periksa selang, bersihkan dari kerak bahan bakar.
c. Bersihkan karburator dengan angin kompressor dan periksa lubang2 spuyer, jangan sampai ada kotoran yang tertinggal.
d. Periksa ukuran lubang spuyer, jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Apabila kebesaran motor akan boros bahan bakar dan busi juga sering mati. Ukuran spuyer telah di standarisasi oleh pabrik.
e. Settingan jarum juga harus pas. Caranya setel stasioner pada karbu dengan setelan tinggi, lalu putar jarum dengan obeng ke arah kanan (searah jarum jam), kemudian kembali putar ke kiri sampai terdengan suara putaran mesin tertinggi.
mas, vicri kalo vespa yang sering meletup-meletup itu apa solusinya ya, mas?
ReplyDeleteMelettup apanya ??
ReplyDeleteBang numpang nanya..
DeleteTd tuh aneh bersihin karburator. Dah dipasang motor tuh hidup tp gak lama bang dan juga lau di hidupin lagi hidup bang ntar mati lagidan juga kkmrentuh ddistel lamsam motor tuh suka lau digas pol ngandet bang.
vespa saya 62 sering buat nge-dragg sm nge-treel tp kok bapak saya marahi saya terus ya ? gmn solusiny ya mas vikri ? :(
ReplyDeleteHahah... ampun keconangan mas Dayat...
ReplyDelete@panji leksono: klo meletup-letup biasanya bisa dipastikan ada masalah di pengapian. jadi api timbul nggak tepat dengan kompresinya.
ReplyDeletesilahkan di utak-atik platinanya gan..
klo gak cek busi gan, busi juga berpengaruh pada pengapian..
BANG_DAYAT
Joss bang Dayat !!!!!
ReplyDeletekalo vespa saya det,,det,,setiap kali jalan seperti kurang bensin padahal bensin penuh. jalannya juga tersendat det,,det,,,kalo gasnya di lepas lancar ajah tapi kalo dibawa kalem pasti tersendat
ReplyDeletecoba periksa per kopling atau rumah koplingnya deh.
Deletegue juga pernah begitu tuh.
selamat mencoba utak-utik.
semoga bermanfaat.
@SUKU WARADALA: coba cek pada pengapian, busi, koil, platina, kondensor, kalau itu semua ada masalah, akan berpengaruh pada laju motor itu sendiri...
ReplyDeletesaya mau tenya mas, kalau vespa sulit di oper persneling dari 3 ke 2 pada saat jalan menanjak kira2 panya yang bermasalah ya? mohon penjelasannya, maklum baru pake vespa....trims
ReplyDeleteBiasanya kawat presneling/koplingnya kendur, bisa juga mungkin gigi silangnya mas, coba di cek lagi...
ReplyDeletemas vespa saya tiap di gas mesin malah mau mati caranya gimana ya;;;;
ReplyDeleteisepan udah ga padet
DeleteBersihkan spuyer, cek pelampung dan tangki, biasanya ada kotoran yang membuat bensin telat mengalir. Periksa lagi yang lain, kalo ada letupan dari mesin, bisa jadi pengapian juga tidak maksimal...
ReplyDeletepunya ane mesin"y panas bang ma agk bau gosong2 gt apa"y ya,mohon pencerahan"y
ReplyDeleteMaaf mas, baru balas. Coba cek olinya mas, jangan-jangan olinya habis...
ReplyDeletemau tanya min.
ReplyDeletegue anak baru nih "jangan di tanya barunya berapa lama" malu.
hehehehehe.
masalah mesin.
1. vespa ane ga pernah mau di bawa santai, maunya ngebut terus.
(nyantai ga enak, ngebut enak), itu apa sebabnya? mesin standar-dar.
2. vesa ane selain ga bisa di bawa nyantai, kenalpot juga sering nembak. gimana solusinya?
3. saran dari temen untuk ganti koil supaya arus listrik lebih lancar udah di coba, tapi cuma berasa enak di awal doang. +- sebulan, penyakit itu kambuh lagi min. gimana tuh?
bisa di email ke : fadiraha@ymail.com
thank's for your answer, and i'am join on your blog now.
:)
Wah, berarti sama kayak vespa saya. Lebih enak dibawa ngebut mas bro. hehehe...
ReplyDelete-Businya boros nggak mas bro? Kalo iya, coba cek platinanya (kalo masih pake platina).
-Kalo platina gak beres bisa bikin knalpot nembak2.
-Knalpot nembak2 juga bisa terjadi karena busi kotor atau terdapat kerak pada busi.
-Karburator di cek juga ya mas bro.
-Nah soal koil, ga usah ganti kalo belum mati, kalo pengen pengapian lebih enak, pake koil bekas mobil, di jamin pengabian lebih joss.
-Saya yakin, kalo masalah pada vespa mas bro bukan gara2 koil.
Mungkin itu aja sih, kalo terdapat sesuatu yang kurang jelas bisa hubungi bengkel terdekat... :D
Nah ini dia yang sering dialami kita Scooterist,banyak yang harus dicek,harus step by step,memang kadang mengeluarkan uang untuk ganti onderdil,karena memang harus begitu.Pertama:Koil Bermasalah alias udah JOMPO karena Umur Koil dihitung dengan KILOMETER Jarak Tempuh,kedua : SPUL yang harus diganti,keTiga SPUYER yang harus PAS menurut Type Vespanya.Ke4 : Atur Posisi PLATINA (maklum produk sekarang nggak ada yang Kualitas OK,jadi harus diBeri Penjepit Pengganjal agar Palitanya STABIL).
Deletepengganjal platina gimana mas?
Deletemas vespa saya kalok ngebut tersendat-sendat, setelah itu saya cobak naik gunung vespa saya,, pas tanjakan yg tinggi nggak narek,,langsung mati mesinnya,, padahal busi baru,,, gimana ya itu mass??,, tolong jawabannya ya mas
ReplyDeleteNah itu bukan karena businya mas. Ada sedikitnya 4 kemungkinan Vespa anda lajunya tersendat. Pertama, kawat kopling/presneling kendur. Solusinya cek selalu ke-kencangannya dan yang menurut mas enak dipakai. Kedua, pengapian tidak maksimal, kemungkinan ada masalah pada koil, platina (kalo masih pake). Cek! Ketiga, ada kotoran yang menghambat aliran bahan bakar menuju karburator, maupun yang menuju ke mesin, dalam hal ini pengecek'an secara berkala mesti dilakukan. Nah, yang keempat ini mungkin juga bisa terjadi yaitu kampas koplingnya hampir habis. Menurut saya itu aja mas. Kalau kurang jelas bisa hubungi bengkel terdekat...
DeleteMas mau tanya nih penyebab gas "mbandang" itu apa saja ya? pernah dikira gara2 platina tapi setelah dicek bukan.. ada yang bilang sealnya bocor... setelah diganti baru tetap.. apa mungkin dari karburator? soalnya stasioner tidak berfungsi total...tetapi pengalaman pas dibuat touring ke bali dari jawa timur tidak rewel... tolong jawabannya ya mas
ReplyDeleteMas mbandang tu apa ya? Hihihi
DeleteKalo digas full tapi pelan,terus kalo gas dikendorin mati,itu setelan anginnya yang salah atau apa ya?
ReplyDeletemohon pencerahan
Sudah di cek semua saluran bensinnya belum mas? Coba cek pelampung'e mas, kayaknya itu pelampungnya ada yang ga beres. Bersihkan karburator secara berkala :)
Deletemalem menjelang pagi mas brow..berguru banyak boleh ya,,di rumah ada PXE 99 yg punya penyakit baru.semingunan ini dah 3 x bongkar pasang karbu tp blm sukses,bahkan sampe ganti pilot n main jet,jarum pelampung,perpak ganti baru pake lem sgala,cmn pelampungnya msh lawas.penyakitnya kambuh kalo hbs di ajak jalan trs brenti di parkirin bensin lgsg netes dr belakang karbu.dah tak coba masukin bensin setutup botol aer mineral ke lobang hisap lgsg amblas alias cepet nresep ke bawah.kalo gas di buka bensin keluarnya ngabut cmn rembes lwt samping kanan bawah karbu.apa mmg harus bongkar mesin n ke tukang bubut..? mungkin brow rahmandhita bisa kasih pencerahan,paling tidak mendekati kebenaran lah..tak tunggu ilmunya,makasih n salam dr jepara.
ReplyDeleteMungkin itu deksel maksutku yang menghubungkan selang bensin sama pelampung, dulu vespa saya juga pernah seperti itu. Coba cek dekselnya bocor/retak soalnya bagian itu juga rawan/rapuh. Mungkin itu saja masbro...
Deletebro ane mau tanya,motor ane bagian kaki2 gak enak bner. kalau ada jalan yang gak rata aja langsung oleng motor ane..
ReplyDeleteitu kenapa ya? apa gara2 laher roda,ban botak, body gak lempeng..
mohon bantuannya...
Cek semua yang dicurigai, jangan2 itu kingpen-nya juga...
DeleteKalo lg jalan vespaku sering mati apalagi ditanjakan..ky telat bensin tp kalo diem"mesin ttp idup"lancar di gaspool ..ga masalah..
ReplyDeleteCoba mas, semua saluran bensin di cek mulai dari tangki, kran, selang, pelampung, karbu. Biasanya terdapat kotoran yang bisa bikin vespa jalannya tersendat...
Deletemw minta petunjuk lg mas Fikri,
Deletesmuanya udah sy check tp ttp bgt, kira2 apalagi ya yang jd virusnya...thanks..
Kalo terjadi masalah di tanjakan, kampas kopling juga berpengaruh mas. Biasanya terdengar bunyi "greeek" panjang ketika perpindahan gigi di tanjakan maupun saat perpindahan dari netral ke gigi 1 secara reflek. Dan kalo dipaksa mesin malah mati...
Deletemisi bang sama baru make vespa nih, numpang tanya vespa saya kok gas nya gede terus yah padahal udah di stel karburatornya tapi pas di pake lagi tetep gede gasnya, terus kalo vespa di naikin 2 orang malah makin gede lagi gasnya, itu apa ya? mohon bantuan nya dong maklum pemula hehehehe
ReplyDeleteCoba selidiki bagian yang dicantolin sama kawat gas. Jangan2 ada nyangkut dikit di salah satu dari sekitar bagian itu sehingga gas nggak mau balik ke normal. Atau ada masalah kecil pada selongsong kawat sehingga bikin kawat ga mau balik lagi. Kalo dinaikin makin gede gas-nya karena body yang turun menyebabkan kawat gas itu sedikit menaikkan gasnya. Saya juga pernah mengalaminya, satu komplek gegerr. Hahaha
Deletecoba cek seal kruk as, yang ada di belakang magnet,, saya juga pernah gitu,,
DeleteKalo seal kruk nya bocor apa bisa gas nya besar sendiri om?
DeleteNumpang tanya bung,
ReplyDeletekalau vespa ane itu businya banjir cairan hitam kaya olie, terus gak bisa nyala sama sekali, itu masalahnya pada apa ya?
-Karburatornya kotor mas. Bisa juga banjir mesinnya. Cek dan bersihkan secara berkala karburator tsb.
Deletemalam bang,ane mau nanya ni stelan platina berubah sendiri, suara mesin gak normal, apanya yang bermasalah ya bg ??
ReplyDeletemohon petunjuk dan arahan nya bg.
Kalo stelan platina berubah, coba cek baut platina. Kalo udah mentok (gitu terus) ya ganti bang. Suara mesin gak normal gimana maksudnya? Kalo brebet, coba bersihkan karburator. Cek busi, kalo businya item karena karburator kotor juga bisa. Atau memang karena stelan platina yang bermasalah sehingga pengapian tidak maksimal...
Delete1. Dekselnya bocor kali bro. Coba cek dekselnya, kalo bocor ya bensinnya bisa ngocor kapan aja.
ReplyDelete2. Bensin tekor karena ada hubungannya sama nomer satu.
3. Sparepart dari paggio aja :)
abang fikri mau tanya.,
Deletekatanya deksel bisa di ganjl ya dengan kertas yang mengandung alumunium.,biar ga selalu bocor.,
nah cara mengganjalnya gimana tuh bang.,
Biasanya yang bocor bagian yang buat nancepin selang kan? Nah itu bisa pake kertas bungkus obat nyamuk juga, di bikin seperti ring. Fungsinya sebenernya sama kayak packing/perpak...
DeleteMau tanya yang jual kunci khusus buat melepas kran bensin dmn ya?soalnya mau melepas kran bensin tp blm punya kuncinya. thx gan
ReplyDeleteWah Mas @Darrel, kalo di bengkel2 yang pernah saya kunjungi, mereka kebanyakan membuat sendiri kunci untuk melepas kran tangki...
ReplyDelete@Rooinchan:
ReplyDelete-Dikopling mati: Gigi silang (cek), kawat kopling+presneling (cek) biasanya kendur.
-Gas dilepas mati: platina (cek), spuyer (cek), stasioner (cek). Selamat mencoba, bisa sakit berlanjut bawa ke bengkel :)
PENYAKIT VESPA ADALAH : Laju tersendat,Tiba-tiba Mati,Meletu-Letup,Sulit DiStarter. Inilah DIAGNOSIS yang Lengkap :
ReplyDelete1.KOIL yang sudah JOMPO,karena dayatahan Koil dihitung oleh Jarak Tempuh KILOMETER.
2.SPUL,yang sudah masa Pensiun.
3.SPUYER Karburator yang harus Sesuai dengan UKURAN TYPE Karburator yang berbeda tiap Vespa.
4.PLATINA,harus diStel Ulang,karena Kualitas sekarang Tidak OK,caranya Tambahkan PENJEPIT RING diSELA Lempengannya agar STABIL Kerjanya alias TIDAK BERGOYANG yang mengakibatkan Semburan Api TIDAK STABIL.
5.BUSI,bersihkan dan Cek apakah Sudah JOMPO?
(INI KHUSUS UNTUK VESPA YANG BUKAN CDI alias Yang berPLATINA).
6.Bila masih Tersendat Lajunya : Cek Tangki Bensin,KRAN BEnsin dan SELANGNYA : KOTOR,Sudah JOMPO atau Terlalu Rapat Keran Bensinnya.
7.Bila MASIH Suka Mati ditengah Jalan :CEK SECHER apakah sudah JOMPO,bila belum :BERSIHKAN.
ITU TADI TAHAPAN GENERAL CHECK UP alias MEMERIKSA KESELURUHAN.SELAMAT BERCINTA DENGAN VESPA...!ABADI JAYA DIJALAN DIMANA-MANA JANGAN SAMPAI MINTA DIGENDONG,MAKA KESEHATAN HARUS PRIMA...! (SALAM VESPA:MENEER SANTONI-SEMARANG KOTA LUMPIA).
Terimakasih sudah berpartisipasi/komentar tentang masalah pada karburator dan penyelesaiannya. Bermanfaat sekali mas. Salam scooteris! :)
DeleteSEMUA SUDAH OK,tapi MASIH MOGOK-MOGOK ?:
ReplyDelete1.CEK KOMPONEN DIDALAM DEXEL yang terdapat PELAMPUNG,JARUM KOMPRESOR,bila tidak beres BISA MENGAKIBATKAN SIKLUS BENSIN TIDAK NORMAL.
2.CEK JARUM SPUYER dan PEMASOK BENSIN,apakah KOTOR atau sudah JOMPO atau SALAH UKURAN?
3.CEK SKEP GAS alias LEMPENGAN PENGATUR AKSELERASI BAHAN BAKAR,apakah sudah JOMPO?
4.CEK BADAN KARBURATOR,apakah sudah JOMPO,sehingga TIDAK MENYATU RAPAT dengan Permukaan Badan Mesin?
5.ATUR STELAN UDARA,yang pasti berpengaruh pada SIKLUS Bahan Bakar agar Hemat,Normal dan Lancar.
SELAMAT BERCENGKRAMA DENGAN KARBURATOR,AGAR BISA MERAWAT SENDIRI. (SALAM MELAYANG TERBANG BERSAMA ANGIN DIJALAN DIMANA-MANA DIATAS ALUNAN LEMBUT VESPA AGAR TIDAK MINTA DIGENDONG,MAKA HARUS SEHAT)<SALAM:MENEER SANTONY-SEMARANG)
Terimakasih sudah berpartisipasi/komentar tentang masalah pada karburator dan penyelesaiannya. Bermanfaat sekali mas. Salam scooteris! :)
DeleteMas ane mau nanya nih mas , kalo ngok itu kenapa ya ??
ReplyDeleteNgok gimana mas? Kampas kopling mau abis tu biasanya bunyi ngok :D
DeleteBro mau tanya kalo platina apinya udah biru tapi masih lagi meletup letup apa masalhbya ya
ReplyDeleteBusinya terlalu rapet atau bisa juga terlalu renggang. Karburator kotor juga, biasanya ada kotoran di spuyernya juga gitu.
Deleteom saya mau tanya nih...
ReplyDeletekarburator saya stasionernya ga bsa d setel...
klo mau stasionernya rendah atw bsa d setel harus d sumpel d lubang dkt lubang venturi...
tu kira2 knp dan solusinya gmn?
mathur suwun
Kemungkinan mas @Andi:
ReplyDelete1. Kawat/kabel macet dan seret coba di cek lagi mas.
2. Masang karbu kekencengan, jangan kenceng2 banget, dikira-kira pas aja jangan terlalu kenceng.
3. Karbunya agak error/rusak, bisa juga karena kotoran jadi katup gasnya seret.
Jika masalah berlanjut segera bawa ke bengkel :)
mas mau tanya vespa ane px 82
ReplyDeletekalau digas pelan brebet tapi kalau di banterin normal kalau pas brebet di terusin (dipanjer) karburator meletus/nembak
busi udah ganti baru, stelan angin-angin + kompresi sudah distandartin, karburator udah di bersihin
kira kira apanya mas ya, mohon bantuannya
trims
salam scooteris
@mas Dimas, Platina apa CDI mas? Kalo pake platina biasanya jaraknya terlalu renggang atau bisa juga terlalu rapat...
Deletemas saya mau nanya nih, penyebab bensin boros apa aja mas? mohon rincian dan penyelesaiannya mas :D trims *salam scooterist
ReplyDelete@Mas Abdan:
Delete-Pengapian nggak sempurna. Pengapian mendukung proses pembakaran, sehingga pengapian yang kurang sempurna juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Cak semua komponen pengapian (Platina, koil, busi).
-Lobang spuyer kegedean. Kalao lubang spuyer kegedean bensinnya ngalir deras. Ukuran lubang spuyer yang pas adalah yang standart pabrikan.
-Ukuran karbu/settingan mesin juga bisa berpengaruh boros/tidaknya konsumsi bakan bakar.
Mas fikri saya mau nanya nih. Soal vespa sy :
ReplyDelete- Ban belakang oleng padahal sdah dicoba beberapa velg tpi tetap oleng.
- Posisi tromol yg terlalu rapat bahkan sampai ban kandas di penutup kampas kopling (akibatnya penutup kampas kopling di bag mesin sdah hampir bolong).
- Ban belakang yg posisinya miring di tanah dan berefek pada ban yg habis sebagian.
Mohon pencerahannya mas apakah yg bengkok tromol, atau as mesinnya. Makasih sblmnya mas fikri
@Rise_Strawhat: Ada di postingan saya yang lain, ini linknya mungkin bisa membantu :) http://sleepscooter.blogspot.com/2013/08/vespa-terasa-miring-saat-dikendarai.html
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletekang ane mau tanya...
ReplyDeleteane punya px exclusive 2 pake CDI.
satu bulan lalu seher ane oversize 2m.
kendalanya adalah ketika saya ngaspal berjalan kira2 7-8 km tiba2 mesin mati klesek dengan bunyi ngooooooookk. akan tetapi saya stater lagi langsung jalan. tapi 3-4 km mati lagi dan begitu seterusnya.... yang saya tanyakan itu kira2 apanya ya kang??? padahal takaran bensinya adalah 10rb = 4 tutup botol oli mesran. mohon pencerahanya... thz
businya ganti
DeleteWah susah nih mau jawab gimana. Ngreyen-nya gak pas mungkin bang @Ridwan. Setahu saya kalo ngreyen itu oli-nya emang dibanyakin. Coba tanyakan pada bengkel terdekat mas. Mungkin ada pengunjung blog ini yang bisa menambahkan? Silahkan :)
ReplyDeletenunpang nanya mas> vesva saya super 74 awalanya vespa saya tidak mau lamsam, kayak ngegas terus, kemudian saya ganti karbu baru masalahnya tetap sama...mohon dicerahkan terimakasih
ReplyDelete@mas Dewa Made: Pasang karbunya jangan kekencengan mas, kalo kekencengan ntar gasnya gak mau balik lagi...
ReplyDeleteaslm. kang, sy mau tanya.. vespa sy super 77. blok udh oversiza 100. karbu standar super, knalpot drc racing standar, koil mantep, busi ok, platina jos.. tapi klo d tarik kenceng, tenaganya nahan d ujung. kaya gak bisa pol lariny. itu biasanya masalah d mananya?
ReplyDeleteap knalpot gak sessuai, atw setelan karbu yang gak pas sm oversize nya? n sebaiknya pake spuyer yang ukuran berapa untk blok yg gede gitu? mksh sblmnya..
aslm. kang, sy mau tanya.. vespa sy super 77. blok udh oversiza 100. karbu standar super, knalpot drc racing standar, koil mantep, busi ok, platina jos.. tapi klo d tarik kenceng, tenaganya nahan d ujung. kaya gak bisa pol lariny. itu biasanya masalah d mananya?
ReplyDeleteap knalpot gak sessuai, atw setelan karbu yang gak pas sm oversize nya? n sebaiknya pake spuyer yang ukuran berapa untk blok yg gede gitu? mksh sblmnya..
maaf kang, mksdny super 73... hehe
ReplyDeleteUntuk bisa mencapai kecepatan maksimal, setiap pengguna harus menyesuaikan semua komponen mesin agar kecepatan yang diinginkan tercapai. Nah, untuk bisa lari maksimal, pengguna juga mesti tahu perhitungan agar kinerja mesin juga maksimal. Karburator untuk mencampur udara dengan bahan bakar sehingga bahan bakar bisa terproses untuk pembakaran. Jika bahan bakar yang tersupplay ke karburator kurang maka tenaga yang dihasilkan juga akan berkurang sehingga bisa jadi laju motor tidak maksimal. Karburator khususnya vespa memiliki ukuran yang berbeda-beda (standart). Untuk vespa yang memiliki cc tinggi memiliki ukuran karburator yang besar pula. Nah kemungkinan jika men-setting vespa untuk kecepatan tinggi namun daya yang dihasilkan juga dirasa kurang maksimal, cobalah menggunakan karburator yang memiliki ukuran yang dirasa pas untuk settingan mesin. Selamat mencoba...
ReplyDeleteBro mau nanya vespa gue 76 untuk ngatasin knalpot pariasi kandas pada tanjakan kecil,gmna ya bro.????
ReplyDeleteStelan knalpot mesti disesuaikan sama mesin biar pas ditarik kenceng ataupun pas nanjak nggak hilang tenaganya bro...
DeleteThanks ya bro,..mau nanya gmane cara pasang kingpen vespa super bro.?
Deletebro ane mau nanya ni . vespa super ane thn 76 . nah klo d tanjakan mtor ane sellu lambat laju nya ,bahkan klo d over gigi dr 3 ke 2 ke 1 tenaga malah menurun ,pdhal beban cmn sya doang . satu lagi bro, kecepatan super 76 apa emng rata'' skitar 60km/jm soal nya vespa ane udh d gaspol jg tetap sekitar 60km an (motor ane gda spidometeran) malah ngegerung si mesin .saking gbsa naik kecepatan . nah gimna tuh bro fikri .. kasih pencerahan ya .
ReplyDeleteoh iya kampas kopling vespa berpaan yg paling murah bro . maaf y soal nya ane baru'' beli vespa . hhe .
thx bro fikri salam scootrs ..
Pas dioper ada suara greek panjang gak bro? Kalo iya berarti kampas kopling mau abis. Kalo pengen lebih kenceng hubungi bengkel terdekat, kecepatan vespa kalo menurut saya itu tergantung pemakai sebelumnya, kalo pemakai sebelumnya terbiasa make vespa gak pernah buat kenceng ya mesinnya terbiasa gak kenceng. Kampas kopling sekitar 38.000 bro kalo belum naik...
Deletegan ane mau tanya ni motor ane px 82, kendalanya nembak terus,kemarin udah di otak atik platina nya ada apinya,tp udah jarak 1 km nembak lagi, trus ane coba bersiin karbu sama ganti spuyernya semua satu set , alhamdulillan enakan,tapi jarak 1 km lagi nembak lagi gan, solusi ane terahir ane ancurin tuh keramik yg ada pada pelatuk busi nya,eh enakan gan g mati2 tuh motor ,karna ane pengen motornya normal kira2 gmana tuh gan solusinya?
ReplyDeleteCek dan setting ulang semua komponen pengapian mulai dari busi, koil, platina, kalo dikira ada yang perlu diganti dari komponen2 tersebut ya diganti. Pengapian bagus bakalan lebih enak dipake jalan dan juga bisa lebih irit.
ReplyDeletemas nimbrung tanya yaaa.... mas kok vespa saya, kalo dipake itu ndut - ndutan kyk naik kuda ya jalannya? kira - kira knapa y? btw kalau di jogja bengkel vespa yang bagus dimana yah?
ReplyDeleteNdut-ndutanya gimana mas, ada banyak kemungkinan vespa ndut-ndutan. Mas di daerah mana? Ni saya kasih info bengkel vespa di Yogyakarta dan sekitarnya:
ReplyDelete1. Jalan Jogja-Solo km 15 (dari arah jogja). Cahaya Motor proliman ke utara, bengkelnya kiri jalan.
2. Jalan Palagan. Bengkelnya mas Tosan. @TSS_Servizio
3. Jalan jogja-solo km 11. Sorogenen Purwomartani Kalasan. Bengkelnya mas Sidi.
4. Dusun Kalibutak, Randusari, Prambanan, Klaten. Bengkelnya mas Antok Paveo facebook/antok.paveo
5. Jalan Sultan Agung sekitar 500 meter dari puro pakualaman. Bengkelnya mas Dimas Bavesta
6. Bengkel Vespa Depan Fakultas Teknik UNY.
Sebenarnya masih banyak bengkel Vespa yang lainnya, itu saja yang saya ingat mas...
min numpang tanya nih klo g mau langsam,apanya ya..?klo stengah di tutp karbunya mau langsam tp gas gde..intinya ga mau gas kecil..karo trun gas pasti mati..spuyernya udah di bersihin min.pelampung udah di buka..tp g tau normal apa g masuknya bensin..
ReplyDeleteseblmnya terima kasih min..
@Mas Rio Habibie: Cobe di cek stasionernya :)
Deletemas.!! vespa saya, tidak bisa lamsam, dan jarumnya mw di putar ke mana pun gak ada pengaruhnya.!
ReplyDeletetrus, vespa saya klo tidak di jalannkan, mesinnya selalu ke banjiran bensin, jadi susah hidupnya.!! busi selalu basah.!!
tolong pencerahannya ya mas..??!
@Mas Anewsta Ginting: Coba mas cek skep karburatornya, biasanya kalo udah diganjel berarti memang ada masalah dan perlu diperbaiki. Mesin banjir itu biasanya pelampungnya gak berfungsi dengan baik, jadi kalo vespa berhenti perlu diganjel standarnya biar miring ke kiri. Kalo bensin menetes terus akan masuk ke mesin dan pas di slah bensin yang masuk ke mesin memercik ke busi sehingga busi menjadi basah. Cek pelampungnya mas kalo perlu diganti ya diganti.
Deletepermisi mas mau nanya nih,,ane punya sprint 76.ada masalah pada koplingnya.jika koplingnya ditarik putaran mesinnya jadi lambat terus mati,,kalo dipaksain jalan gak berfungsi tuh kopling.apalagi lampu merah..kampas udah ganti.
ReplyDeleteatu lagi vespa itu susah bgt hidupnya kalo udah dingin mesinnya, mohon solusinya.
@mas maink mubarak: Itu kawat koplingnya kendor mas, kencengin dulu. Atau belah mesinnya mungkin gigi palangnya. Kalo susah nyala pas berhenti lama itu mungkin banjir, cek pelampungnya mas mungkin ada masalah. Jika pelampung gak berfungsi bensin akan terus menerus menetes ke karbu dan masuk ke mesin, dan kalo di selah businya jadi basah...
Deletemisi mas mau nanya...klo dari lubang venturi nyembur bensin pas di gas kenapa ya ??? minta solusinya mas...makasih.
ReplyDeleteKemungkinan sil krek asnya bermasalah pak. Coba di cek atau ganti yang baru kalo perlu...
ReplyDeleteSaya punya pengalaman kemaren vespa pts saya, dinyalain vespa mau langsam, ketika di gas kenceng vespa tersendat-sendat, pas dicek taunya spullnya kendor, dikencengin ngebut lagi tuh tuh vespa.... hihihi, sharing pengalaman saja.... biasanya hal2 yg dianggap sepele malah bikin rusak... hihihihi .... Salam Vespa Indonesia
ReplyDeleteWah... Betul mas, hal2 yang dianggap sepele terkadang bisa menimbulkan masalah yang serius. Terimakasih telah berbagi di Sleepscooter :)
Deletemisi ya saya mau numpang tanya , vespa exclusive th.94 ..
ReplyDeleteiseng2 maen ke bengkel minta di setting karbunya biar nggak nahan tarikannya , stelah di setting+spuyer digantii emng jalannya agak entengan , pas sampe rumah sekitar jam 4 sore keran bensin lupa ditutup sampe jam 10 pagi besok harinya baru liat n lgsung ditutup ,, pas di nyalain pertama normal dan jalan kira2 10meter setelah itu mati , saya cek busi basah , terus busi udah di bersihin n bisa jalan lg cuma 1meter , kalau mau mati lajunya tersendat-sendat kaya bensin gak turun ,, sampai skrang blom bisa hidup ,, kira2 yg bermasalah di karbu atau di tangki/selang atau apanya lur ??
mohon pencerahan lur , makasih :)
ganti busy
Delete@mas Inoy Warkop: Itu banjir mas kalo businya basah. Coba cek pelampungnya itu mungkin juga karena pelampungnya seret/ada kotoran yang bikin seret. Periksa lagi spuyernya mas mungkin juga ada kotoran yang bikin lobang spuyer jadi buntu...
ReplyDeletemas mau tanya kalok baut as roda belakang kok mudah kendor ya padahal udah di kencengin pol masih aja lepas jadi nya gigik teromol belakang jadi aus solusi nya gimana ya mas
ReplyDelete@Mas Prasojo Eko: Itu as-nya di drat lagi mas. Saya pernah mengalami seperti itu, dibawa ke bengkel bubut nanti dratnya di perbaiki biar gak kendor terus...
ReplyDeletemas ane tanya kenapa vespa ane silinder copnya sudah dikepras, tengki bensin ok, kaburator bersih, paking ok, olor gas mantap, tp knpa gasnya suka kencang sendiri. vespa ane px 80.... tanks..........
ReplyDeletePasang karburatornya kekencengan. Biasanya kalo kekencengan pasang baut karbu ntar skepnya susah balik nah itu yang bikin gasnya kenceng sendiri...
ReplyDeletemisi om...
ReplyDeletemau tanya, vespa saya ko kalo di ajak ngebut'a suka tersendat" yaa om..
kaya mao abis bensin..
padahal karburatornya udah saya bersihkan om..
tolong info'a yaa om..?
setelan angin karbu nya kurang pas mungkin om :D
Deletecoba dicek pengapiannya bro, magnetnya mungkin...
Deletemas bro mau nanya, kalo kran bensin ngalir terus masalah gak ya? jadi tumpuan main di pelampung aja, soalnya kran bensin rusak ni
ReplyDeletecoba cek di sambungan selang ke pelampung bro. bagian itu yang paling rawan terak, jadi bensinnya ngalir/netes terus. atau kran rusk bisa juga, kalo pas berhenti diganjel aja standar yang kanan...
Deletesudah tak ganti kran bensin, tangki mulus beserta deksel satu set mudahan gak banjir lagi hehe
Deleteslmt sore, kebetulan skrg posisi lg trouble, di selah idup tpi tersendat sendat mesin nya seperti bensin ga lancar, tpi klo di miringin baru bensin nya lancar,
ReplyDeletetangki sdh dibersihkan, selang ganti baru, karbu sdh dibersihkan, spuyer ganti baru plus ukuran standar.. tapi knp msih demikian?
slmt sore n selmt menikmati kopi masing"
Cek semua komponen pengapian masbro, kalo nggak koilnya ya platinanya mas, biasanya kalo ada masalah di sekitar itu, ujung busi menjadi hitam...
ReplyDeletebro..tolong ane dong.. ane punya vespa PS 86 lgi ngambek, nerjang banjir ampe ban'nya kelelep nda papa, masih idup...besokkanya ntu PS nda mau idup..cek busi nda ada apinya, ganti busi tetep juga..trus cek koil nda ada apina juga (ampe ane gantti coil vespa satu lagi yg 64 juga nda mau)...spul semuanya ada apinya...jadi binun nih..mohon pencerahan..makasih..
ReplyDelete@Isunabe, kalau kena air biasanya logam akan timbul karat masbro, nah bisa juga karena air itu pula terjadi konslet. Biar gampangnya ditunggu kering dulu atau dijemur vespanya. Kalau tetap nggak mau nyala, coba di cek bagian platinanya mas. Bersihkan platina pake amplas. Tapi kalau menurut saya sih itu konslet masbro, jadi semua apinya ilang. Saya juga pernah gitu soalnya. :))
Deletebos numpang nanya nih, vespa ane ga ada pengapian di platinanya, tapi di kabel busi ada. platinanya udah ane ganti tapi tetep aja kaga ada, itu kenapa ya gan ??? butuh pencerahannya gan
ReplyDelete@Try Yuwono: Dari pengalaman saya, kipas/magnet yang mulai memiliki gejala habis masa pakainya biasanya membuat api pada platina tidak tercipta secara maksimal. Jika dipakai untuk jalan vespa akan tersendat seperti mau kehabisan bensin. Tapikan gak responsif dan 'mbrebet'. Coba di cek lagi bro, kalau perlu hubungi bengkel terdekat untuk konsultasi lebih lanjut. :)
ReplyDeleteass wr wb... mau nanya nih kang, vespa saya super 72, permasalahan nya tuh seperti bensin gak turun ke karbu, pas pertama di selah susah hidup padahal udah dimiringin, begitu udah nyalah, ditarik gasnya malah dikit2 perlahan mesin mati kaya bensin mau habis.....giliran udah nyala joss dibawa jalan sekali pun. kalo mesin dimatiin mau dinyalain lg susah....feeling saya sih ada masalah dikarburator.. mohon pencerahannya kang + solusi>> trims :)
ReplyDelete@Aif:
Delete1. Pelampung yang ada di tabung itu tersendat mas, coba di cek, di bersihkan.
2. Cek selang/kran bensin dari tangki bensin mas, mungkin ada kotoran/kerak yang menyumbat aliran bensin ke karbu.
3. Kalo mesin mati lama, kemudian dinyalainnya susah, mungkin itu banjir. Ada kebocoran di perpak, jadi bensinnya ngerembes ke karbu. Nanti pas dinyalain, cek deh businya, kalo basah berarti positif banjir..
Alll mau tanya ...kenapa ya mesin vespaku dibagian belakng dekat sok selalu basah dengan oli tpi ga basah basah amat sih( ga sampe netes) apa solusinya ?...tengkiyuuu :)
ReplyDelete@Naufal: Coba ganti perpak/packing yang jadi alas karburator. Mungkin juga karena pelampung agak seret jadi gak nutup sempurna, coba di cek lagi, bersihkan bagian/tempat pelampungnya. Mungkin itu ada residu oli yang merembes lewat lubang karbu yang belakang.
ReplyDeletemas mau tanya ni,, vespa saya bisa hidup tapi kalo di gas kok mbrebet2 itu apanya ya? terimakasih
ReplyDeletePermasalahannya:
Delete1. Busi mau mati.
2. Platina hampir habis masa kerjanya.
3. Karburator kotor.
4. Selang bensin, kran bensin dari tanki kotor karena kerak.
5. Pelampung seret.
Coba cek semua itu mas, selamat mencoba. Atau jika masih bermasalah, silahkan hubungi bengkel terdekat :)
mas'e saya baru ganti busi sama koil tapi ko brebet sama nembak keluar api,trus lamsang sam sekali ngga ada, gimana mas pencerahannya??
ReplyDeleteKalau masih pake platina, coba cek platinanya mas... :)
ReplyDeletemas, vespa saya gasnya tinggi sendiri, ga bisa nertal. dan setiap digas tinggi lambat untuk turunnya, kadang ga mau turun. tolong pencerahannya mas. tks...
ReplyDelete@Mas Gatot: Coba skep karbunya di periksa mas, kalo skepnya seret biasanya gak mau balik lagi dan gasnya gak mau turun...
ReplyDelete@sleepscooter: sudah dicek mas skep karbunya, tali gasnya juga oke2 aja tidak ada yang seret. setelan gasnya pun udah paling rendah, tapi putaran mesinnya ketika dipanasin pagi2 atau habis dibawa jalan dan berhernti di lampu merah tetap aja tinggi tidak mau langsam, . mohon pencerahannya sekali lagi ya mas...tks..
ReplyDelete@mas gatot: coba di test dengan karbu lain juga mas, kalo pake karbu lain bisa langsam berarti karbu vespa mas gatot ada masalah dan harus diganjel karbunya. Biasanya kalo sampai kondisi yang lebih parah, bisa jadi sil as kruknya rusak jadi businya cepet mati, terus baut karbunya ada yang gak beres itu buat komposisi udara dan bahan bakar terganggu di karburator jadi nggak mau langsam...
ReplyDeleteMas.. kalau ganti karbu pakai jepangan ( rx atau PE ) apa harus pakai membran?
ReplyDeleteVespa 150cc std pakai karbu PE28 ukuran pilot dan mainjet sekitar berapa ya?
Thanks...
@sleepscooter: terimakasih mas, ternyata seal kruk as nya yang bocor dan klahar kruk as nya juga udah soak. alhamdulillah vespa saya udah oke. thks... :)
ReplyDelete@Mas Gatot: Siap mas, sama-sama. Terimakasih telah berkunjung ke blog kami. Salam scooteris! :)
Deletegan vespa saya sering jammed padahal oli samping sudah banyak 1 liter bisa 3 tutup saya campur,sering saya akalin masukin oli samping lewat karbu bisa jalan tp gak lama gitu lagi,terus mesin cepat panas sama gas suka naik sendiri gan,mohon pencerahannya dari agan2 sekalian
ReplyDelete@Abdul Aziz: Ring sekhr mungkin 'kena' bro, terlalu panas itu karena oli mesinnya udah mesti ditambah lagi. Gasnya suka naik sendiri coba cek stasionernya...
ReplyDeletemas numpang nanya motor vespa saya kok gaak mau nyala di pasang penyaring karbu n' penutup karbu, tp klo di lepas dua-duanya bisa nyala...
ReplyDeletepdhal udah d stel karbux, n' udah di servis.....
mohon bantuannya mas ??
@Mas Noor Akhmad: Coba mas di cek lagi baut "pengatur angin" yang di bagian belakang karbu, itu biasanya sirkulasi udara di karbu gak berjalan dengan baik, karena proses pembakaran juga memerlukan udara. Jika pencampuran udara dan bahan bakar terganggu maka proses awal pembakaran juga akan terganggu. Proses pembakaran akan berjalan baik apabila udara, bahan bakar dan pengapian semuanya bagus.
ReplyDeleteMas mohon pencerahan dan doanya dong.vespa spesial kesayangan ane kalo di gas mati.terus di nyalahin susah lagi.kenapa ya?tolong ya
ReplyDeleteSalam semuanya terima kasih
@Ryoko: Coba mas di cek karbunya, kemungkinan karbunya kotor sehingga ketika digas, aliran bahan bakar tidak lancar. Kemungkinan kedua adalah banjir, ini juga bisa mengakibatkan vespa sulit diselah. Coba bawa ke bengkel terdekat.
Deletemohon bantuanx all mas broo..vespa gw lamsangx suka naik sendiri,ktika d kopling,,jadi susah oper perseneling..udh gonta ganti karbu msh tetap bgtu,,,apa mesti d oversise yaa?
ReplyDelete@masChoshy: kalo gas gede sendiri biasana stasionernya bermasalah bisa jg karena lakhr as kruknya udah ga beres, coba dicek dulu. Kalo masalah susah oper Gigi itu kemungkinan karena kawat koplingnya kendur...
ReplyDeletemas mau nannya nihh,,,maaf masih pemain baru..
ReplyDeletepunya ane super 75,klo diidupin mah biasa aja..giliran buat jalan tersendat-sendat,apa lagi klo mau dibawa ngebut langsung mati,businya ane cek kering mas..itu kira-kira kenapa ya.
@Mirat: Itu ada beberapa kemungkinan mas, pertama platinanya bermasalah (kalau pake platina), kedua karburatornya kotor, pelampungnya nggak mau balik jadi bensin nggak ngalir dengan baik, ketiga koilnya mau mati. Coba cek kesemua itu mas...
Deletemas mau nanya nih, vespa ane px 81, kalo di gas kenceng teersendat2 kayak bensin telat, pas di cek bensin turunnya cuma netes gag bisa lancar, solusinya gimana yaa?? m0hon bantuannya
ReplyDelete@Mas Bahtiar Juliaz:
DeletePermasalahannya:
1. Busi mau mati.
2. Platina hampir habis masa kerjanya.
3. Karburator kotor.
4. Selang bensin, kran bensin dari tanki kotor karena kerak.
5. Pelampung seret.
Coba cek semua itu mas, selamat mencoba. Atau jika masih bermasalah, silahkan hubungi bengkel terdekat :)
Salam scooter ,Mas mau tanya pts saya kenapa gasnya suka ngepoll sendiri ya? padahal udah ganti karbu 2 kali, seal jg aman,mohon pencerahannya ya mas guru. Terima kasih :)
ReplyDelete@mas arun: mohon maaf mas, kami lama nggak update blog jadi baru sempat kami balas. coba mas, cek stasionernya dulu. itu cara yang paling sederhana mengetahui kenapa gas suka kenceng sendiri, bisa juga karena kawat gas yang teerhubung ke karbu seret jadi gasnya tidak mau balik lagi. yang selanjutnya kalau tidak ada masalah pada karbu, berarti ada masalah dalam mesinnya yang menyebabkan gas kenceng sendiri. kalau sudah di cek karbu, stasioner dan kawat gasnya beres, bisa jadi masalah tersebut ada pada mesin vespa anda dan solusinya buka mesin...
ReplyDeletenumpang nanya ,,kl pas d kopling kayak kebanyaken bensin bek..bek..bek.. gk mau ngangkat tp kl buat kenceng normal ,,kira2 apanya,,trim
ReplyDelete@Mas Kuswanto: Jika pas pindah gigi ada bunyi "greeeeek", itu tanda kampas kopling mau habis. Bisa juga karena dekselnya bermasalah, dia mengalirkan bensin yang terlalu bayak ke mesin. Kebutuhan bensin menuju mesin tergantung pada besar kecilnya gas yang ditarik. Jika bensin terlalu cepat mengalir ke karbu, pengapian menjadi kurang sempurna karena pembakaran bahan bakar memiliki residu yang agak berlebih ketika pembakaran.
DeleteMas numpang tanya nih, vespa saya ko tenaga nya gak ada ya? Terus kalo maju suka ada suara nembak gttu kaya ada yg bocor didaerah knalpot gttu, awalnya kan knalpotnya gak terlalu kenceng masangnya karena tibatiba knalpot lepas terus saya kencengengin eh malah kaya yg pengap gttu mesinnya jadi berat maju nya malahan gak jarang juga malah jadi mati mesin nya, itu knp ya ? Vespa saya vespa super.
ReplyDelete@Mas Nopan: Suara nembak di karburator biasanya terjadi karena pengapian yang kurang bagus atau karburator kotor. Terasa pengap itu karena bensin terlambat mengalir ke bagian karburator sehingga tidak cukup aliran bahan bakar yang mendukung untuk pembakaran, biasanya diikuti dengan letupan di karbu. Coba bersihkan karburator anda. Biasanya kalau karburator kotor, busi juga akan kotor. Itu yang membuat terasa pengap dan ada leupan dari knalpot...
DeleteMas saya punya excel 96 kendalanya mesin cepet panas. Trus kalo udah panas di idupin gampang tapi kalo udah di masukin gigi 1 trus mau si jalanin malah brebet brebetan mas. Tapi kalo udah dingin penyakitnya ilang mas. Mesin panas lagi penyakitnya kambuh lagi.
DeleteMohon bantuannya mas.
Salam scooterist:)
@mas Riyan: Coba mas ganti magnet/kipas, kemungkinan besar itu magnetnya sudah lemah... :)
DeleteMas mau tanya kalau vespa super 66 sy di miringkan ke kiri, mesinnya malah mati "kekeringan". Tapi jika dimiringkan ke arah kanan malah mati kebanjiran. Apakah ini normal atau ada penyebab lain? Misal spuyer, lobang angin, dll.? Saya pake 20/20D main jet 160 pilot jet 48
ReplyDelete@mas Ilham: Normal mas, tapi jika dimiringkan ke kanan malah banjir berarti itu pelampungnya (deksel)/ krannya nggak berfungsi dengan baik.
Delete@Intrepida: Hahahah bisa...bisa...habis mimpi basah jangan lupa mandi!
ReplyDeleteCoba cek dekseslnya, bisa jadi pelampungnya nggak mau nutup lagi aliran bensin dari tanki. Coba cek juga perpak/packingnya, dah itu aja... :)
mas mau tanya oli mesin untk vespa yg bgus merk apa ya..
ReplyDeletePake oli GGI aja mas yang khusus Vespa... :))
DeleteMaaf mas saya baru nih punya vespa, karburator vespa saya bermasalah nih mas, bensinnya ga mau ngalir ke karbu, tapi di penampung/pelampung malah banjir banjir,.
ReplyDelete@Muhammad Bhakri: Ganti selangnya yang ke karbu aja mas... :)
ReplyDeletemas mau tanya nih kalo bensin netes sampe knalpot kira2 kenapa ya? Vespa saya PX150 '84.. mohon pencerahannya..
ReplyDelete@Bobby: Coba cek deksel/pelampungnya mungkin bocor...
DeleteMisi gan mohon solusinya, vespa saya kalau dihidupin pagi nya susah gan, padahal malam gampang banget, pas dilihat pagi nya bensin udh habis padahal baru diisi malam nya gan. Kalau di bawa agak nyendat gitu gan. Gimana solusinya ya. Terima kasih
ReplyDelete@Andi Hakim: Vespanya "banjir" bro, mungkin dekselnya bocor atau pelampungnya bermasalah, silahkan cek... :)
DeleteMisi bro mau nanya .. vespa ane eksklusif 2 thn 97 . CR 11 M(60,5) . Ane mngejar pembegal . tpi jarak 2 km ane kejar , mesin langsung drop , kyk di rem ,smakin di gas malah smakin drop(bunyi krooookkk) . Ane kira CR nya nabrak(top CR) tpii ane stater lagi mesin nya jalan . tpi suara knalpot nya udh brubah gak sperti biasanya. ane pke knalpot UNO Racing . Klau gitu masalah nya apa bro ? soal nya sebulan yg lalu ane abis mengganti smua isi mesin nya . Vespa ane emng gak prnah di balap bro . Mohon pencerahan nya bro ?makasih
ReplyDelete@hafidh: Sekhrnya ngancing itu bro, dan mungkin itu karena penyesuaian sekhr tidak sesuai untuk ngebut. Biasanya kalo ganti sekhr harus disesuaikan sama pemakainya, misal pemakai suka kenceng ya penyesuaiannya juga dipakai untuk kenceng...
Deletemas mau tanya, vespa saya kalau habis di nyalakan agak lama, trus di matikan kok ada oli yang netes ya? di daerah dekat sok belakang, kayaknya oli dari kabulator/oli campuran, itu masalahnya apa ya mas? kalau service berapa ongkosnya?
ReplyDeletetrimakasih.
@Afif Afandi: Bisa jadi itu karena penghisapannya, kalo pengalaman saya itu habis 150-an untuk penghisapannya.
Deletemas mau tanya, kalo karbu di gas ngok, tapi di lepas gas lamsang, tapi kalo di gas masukin gigi malah ngok, tuh knpa ya mas
ReplyDelete@Muhammad Alfino: Itu bukan karbu pak, itu kampas kopling mau abis, ganti aja. :)
DeleteSaya punya vespa ps strada pengapin nya sudah cdi.Saya punya kendala pada saat mmotorjalan kira kira sudah 20 meter tiba tiba mati dan mati nya kaya habis bensin ngok ngokan gitu. Terus di diemin sebentr nyala lagi pas jalan 20 meter mati lagi.. Saya control busi dalam keaadaan normal tidak banjir. Mohon penjelasan nya bila ada abang* yang tau tentang hal ini. Terima kasih
ReplyDelete@Khaerul Munir: Bersihkan deksel mas, mungkin pelampunggnya seret. Jadi saat bensin berhenti mengalir dari selang, pelampung sulit untuk neik lagi sehingga bensin telat mengalir ke karbu dan pembakaran terhenti.
DeleteMas mau tanya vespa saya kalau di buat jalan masih awal suaranya normal tapi kalau udah jalan agak jauh suaranya jadi besar sendiri padahal kalau waktu di panasin lama suaranya normal waktu suara jadi besar stasioner di puter sampe lepas juga ga ngaruh itu kenapa ya? Mohon pencerahaanya
ReplyDelete@Adetya: Coba cek kawat kopling-presneling mungkin ada yang seret. kedua, cek skep karbunya, bisa juga seret (kawat skep/gasnya). itu yang paling sederhana kalo gasnya besar sendiri...
Delete@sleepscooter makasih bang saranya sekarang gas udah normal
Delete@sleep scooter trimakasih buat penjelasan nya bang.. Ternyata benar di daerah sana kendala nya 😎
ReplyDeleteAh bang ada kendala lagi ni. Motor saya strada. Ngeberebet terus pada saat di gas putaran tinggi. dalam keadaan netral ataupun di bawa jalan. Itu pada saat lampu kepala di matin. Akan tetapi pada saat lampu di nyalakan ngeberebet nya ilang. Di tambah gas lagi ngeberebt nya ada lagi. Ada pebedaan pada saat lampu menyala dan mati.
ReplyDeleteApakah itu kendala dari CDI nya atau rangkaian kelistrikan yg ngaco..
Atau ada penyebab lain bang 😑
Mohon penjelasan nya bagi abang* yang mengetahui
Terima kasih :)
@Khaerul Munir: bisa jadi masalah kelistrikannya kalo itu, coba di cek saklar & kabel bodynya...
DeleteAss bg.saya ada tribel mesin dikit nih...
ReplyDeleteVespa saya saat di selah perlahan2 ada letupan kecil dari karburatornya bg.. Trus pas di miringin kekanan dari karbu yang meletup tadi ada asapnya bg..
Trus pas di selah cepat2 minyak nya pada nyembur semua.. Padahal kagak banjir tu bg..
Kira2 apa yg harus d perbaiki t bg..
Ass! @Ichsan: Mungkin masalah pada penghisapannya, coba tanya ke bengkel dulu biar dicek sekalian sama bengkelnya. Dan kemungkinan memang masalah penghisapan...
DeleteKalo hisapan yg rusak kan masih bisa hidup kan bg..
DeleteTapi yg punya saya gk mau hidup bg..
Oh yaa kalo reng piston nya patah masih mau hidup gk bg..?soalnya reng piston saya patih ni bg..
Ya...masalahnya karena itu bro, kalo bisa hidup pun nanti mesinnya kemakan...
DeleteOwh ydeh bg.. Ane paham bg..
DeleteMakasih Ya bang.. Salam mesin kanan bg. Dari padang sumatra barat.. 🙋
Hallo om.. masih pada aktif gak ya?
ReplyDeleteNewbe mau numpang nanya nih.
Saya punya vespa px '81.
Kendala vespa saya tu sering mati di jalan saat mesin panas.
Kalo dinyalain saat posisi diam gak mati-mati dan langsam2 aja. Anteng. Tapii kalo udah dibawa jalan.. sekitar 50 meter pertama, vespa mendadak mati. Matinya kadang kayak abis bensin. kadang kayak gak ada tenaga (gak ada listrik kali ya maksudnya). Sering matinya sih pas ngegas di gigi 4 dan gigi 3. Terus, ane selah lagi, 2-3x selah mesin nyala. Gak lama di jalan mati lagi. padahal blm ada 30 meter. Begituu terus hampir seminggu ini.
Itu masalahnya dimana ya om?
padahal selama seminggu ini ane udah 3x mondar-mandir bengkel, bersihin karbu+ganti spuyer standard. Pengapian udah dicek dan aman2 aja dr platin, koil sampe busi. Busi ane baru beli. Selang bensin ngalir. Oli mesin jg udah ane ganti. Nanya2 kruk as, kata bengkel masih aman. Tapi kok masih aja mati-matian mulu.
Ada apa ya om sama Vespa saya?? Mohon pencerahannya om..
Maaf nih kalo kepanjangan.. sekalian curhat kali yaa. Sedih jg liat vespa mati-matian terus :(
@Radio: Sudah cek deksel? kemungkinan pelampungnya seret nggak mau naik lagi, jadi aliran bensin ke karbu tersendat...
DeleteMas bro, sya pkai vbb 65, klau diidupin gampang banget skli selah langsung tring ting ting ting. Tapi pas jalan seperti memikul beban berat. Sped paling banter 40 km/jam mtr udh Ran hebat. (sya sudh gnti blok, kopling, spul, condensor dan perbaiki lubang venturinya, knalpot jg udh gnti, klher jg) TPI masih gak ad perubahan. Mhn pencerahan...
ReplyDeleteAda 3 kemungkinan bung @mewan: 1. Kampas kopling habis. 2. Magnet/rotor/kipas sudah lemah. 3. Bisa juga karena ganti knalpot, itu juga berpengaruh...
Deletekan mau nanyak nih, kalok cdi vespa sering mati kenapa ya?
ReplyDelete3 bulan bisa ganti cdi sampai 2x
coba cek posisi CDI di dalam rotor, mungkin juga rotornya goyang jadi nyenggol kabel CDI.
DeleteDrat tromol belakang super rontok...apa bisa di akalin ke tukang bubut...mohon pencerahan
ReplyDeleteLebih baik diganti baru, walaupun ditambah juga bisa...
Deletesalam scooter.... mo tanya ma para... master nih, vespa super ane koplingnya ga bisa netral, klo di engkol juga masih nyangkut ga ngelos, mohon pencerahannya
ReplyDeletekabel kopling kendur bro... :)
Deleteom mo tanya nih, sy pk super 72, klo lagi diem mesinnya lancar, tapi pas dibawa jalan baru 20-30 meter langsung mati, diidupin lagi mau jalan tapi tetep 20meter mati lagi dan terus begitu om tiap 20 meter mati, mohon sarannya om...maklum masih baru pake vespa sambil blajar otak-atik sndiri....makasih.
ReplyDeleteBisa terlalu irit spuyernya, bisa mesin terlalu panas, bisa juga karena pengapian yang nggak bagus...
Deletebusi ok om, mesin normal, mungkin spuyernya ya om, sbb kmren baru sy ganti karbu........ntar sy coba dlu cek spuyernya....makasih om
DeleteVespa corsa saya karbunya saya bersihin sendiri terus saya pasang lg... tp mesin susah hidup.. harus ditutup dulu lubang karbu baru bisa hidup.. terus setelah dihup ga mau langsam biarpun stelan angin udah di putar putar ... mohon petunjuknya..
ReplyDelete@mas Suhendra Agung: Dicopot nggak mas karbunya? Kalau iya kemungkinan pengembalian pada posisi semula terjadi kesalahan, entah itu kurang rapet atau perpak/packing yang minta ganti baru. Kalau nggak dilepas kemungkinan ada kotorang yang menghambat skep karbu untuk balik lagi ke normal, itu bisa menyebabkan nggak langsam...
DeleteMaaf minta saran nih klo rpmnya naik trs itu knpa ya tolng bantuannya strada punya
ReplyDeleteSelamat siang mas, ni ane punya vspa super, nah vespanya ngegas sendiri trus tiap dhidupin, katannya krburatotnya yg rusak, udh dgnti ttp aja, kmren udh dibnerin lagi tpi harus pake cuk baru mau jalan, klok cuknya di normalin, balik lagi ngegas sendiri smpk poll, kira2 apa penyebabnya bang?
ReplyDeleteMau tanya mas setelah bongkar karbu, ketika sudah dipasang da dinyalain, ada suara di area karbu. Kenapa ya?
ReplyDeleteSuaranya seperti getaran
DeleteSuaranya seperti getaran
DeleteLur mau tanya masalah vespa, karbu banjir terus deksel udah di ganti tetep banjir, terus bensin masuk mesin lalu di start macet itu apa ya masalahnya, kalo ganti karbu, karbu apa yang cocok untuk strada 88 terima kasih
ReplyDeleteNumpang nanya bang..vespa sy px e th 86, mesin normal kenceng, lari enteng, tapi kalo kopling ditarik ada bunyi "grrrrrrrrrtttts" baik ditarik sdikit atau poll... Udah coba gabti plat kuningan, bosh kopling, kampAs kopling baru,
ReplyDeleteSempet curiga di mesin, udah dibongkar ga ada masalah, kalo ngopling tetep enak tapi kendala sama bunyi "grrrrrrts" itu saja...