Tuesday, September 23, 2014

Vespa Douglas

Sleepscooter. Topik yang menarik untuk kita bahas saat ini adalah tentang Vespa Douglas. Pernah berbincang dengan rekan-rekan sesama pecinta Vespa mengenai jenis atau model yang satu ini, dan ternyata ini merupakan jenis atau model yang sedang banyak dibicarakan saat ini oleh para penggemar Vespa baik yang pemula atau sudah 'senior'. Langsung saja pada kesempatan ini akan kita bahas engenai Vespa Douglas.

Sejarah Vespa yang kemudian disebut dengan Vespa Douglas pertama kali adalah ketika perusahaan Douglas di Kingswood, Bristol (Inggris) yang mulai memproduksi sepeda motor pada tahun 1907 mengalami kebangkrutan pada tahun 1948. Ketika berlibur di Itali pada 1948, managing director perusahaan Douglas, Claude McCormack membuat perjanjian dengan Piaggio untuk membangun pabrik Vespa di Bristol dengan lisensi dari Piaggio. Di perusahaan ini pada mulanya seluruh Vespa dibangun di Inggris. The Foundry Douglas pada awalnya mendapatkan item-item seperti bak kopling, kop silinder, pemindah gear, dan tabung rem (tromol) dari toko mesin. Sebagian besar dari komponen-komponen tersebut diproduksi di Birmingham, Inggris.

Setelah pengenalan model 152L2 suku cadang kemudian langsung dipasok dari Piaggio dan perusahaan Douglas hanya merakit model tersebut. Pada tahun 1965, proses produksi 'Vespa Douglas' berhenti dan berhasil merakit sebanyak 126.230 unit. Stelah itu Douglas menjadi satu-satunya importir Vespa ke Inggris (kalau di Indonesia ada DanMotor). Model seperti GS 150 diimpor dari Itali ke Inggris hingga tahun 1982. The Douglas Vespas telah menjadi satu-satunya skuter yang diproduksi di Inggris dengan jumlah yang sangat besar. Dan Douglas sendiri memiliki minat yang besar untuk mengembangkan kendaraan jenis skuter ini.

Awal mula hubungan atara Douglas dan Piaggio

Pengenalan Vespa ke Inggris telah menarik minat warga Inggris sehingga Piaggio benar-benar melakukan pendekatan ke perusahaan lain sebelum benar-benar menetap di Douglas. Mengapa demikian? Mengapa Piaggo melakukan pendekata ke perusahaan lain? Dengan jalur produksi mereka yang datar, ide pembuatan atau perakitan dengan skala besar dan fasilitas yang memiliki kapasitas untuk men-supply hasil produksi tentu juga akan memiliki potensi yang besar dan diterima oleh negara-negara persemakmuran Inggris (Britania Raya). Namun pada kenyataannya Douglas benar-benar bangkrut, mereka benar-benar dikurator di bawah bimbingan flamboyan Claude McCormack.

Dengan merek dagang (trademark) cerutu dan Rolls Royce, McCormack harus menyelesaikan pekerjaan penjualan yang baik pada Enrico Piaggio. Courtesy of Paolo Pezzini dari Arsip Piaggio yang melacak surat-surat asli, dan anggota klub VVC John Cook yang telah mereka diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, telah memiliki beberapa korespondensi Enrico awal untuk Douglas. 

Untuk menempatkan korespondensi ini dalam beberapa jenis konteks, Douglas berada di kurator pada tahun 1951 dan bahkan tetap demikian sampai diambil alih oleh Westinghouse akhir tahun 1955 Bagaimana Douglas bisa bangkrut begitu cepat setelah penuh sesak dengan produksi adalah titik yang menarik untuk dibahas beberapa waktu lain. Orang-orang Italia memberikan Douglas tidak hanya pasar di Inggris tetapi juga daerah yang luas di seluruh dunia juga negara-negara persemakmuran misalnya Kanada, Australia dan Afrika Selatan. Jelas Piaggio mengharapkan produksi skala besar dari Douglas, namun mereka kecewa.

Masih panjang sebenarnya cerita mengenai kerjasama antara Piaggio dan Douglas. Nah dari sinilah awal mula kerjasama antara Piaggio dan Douglas. Oleh karena itu Vespa yang diproduksi oleh Douglas disebut dengan 'Vespa Douglas'.

Adapun tipe-tipe Vespa yang telah berhasil diproduksi oleh perusahaan douglas diantaranya:
  1. "Rod" model 1951-53
  2. "G" model 1953-54
  3. GL2 1954-55
  4. 42L2 1955-56
  5. 92L2 1956-59
  6. 102L2 1957
  7. 152L2 1959-60
  8. Sportique 1961-65
Tidak semua model di atas memiliki sumber gambar, namun ada beberapa model yang memiliki gambar karena jenis-jenis Vespa tersebut diproduksi di Inggris.

Berikut ini beberapa contoh gambar Vespa Douglas:

Douglas Rod Model 
Douglas 42L2 (1955-1956)
Douglas 92L2 (1956-1959)
Douglas 152L2
Jadi itu tadi kenapa disebut 'Vespa Douglas', Vespa Douglas diproduksi di Inggris oleh Douglas di bawah lisensi Piaggio.  Vespa Douglas memiliki perbedaan pada proses pembuatan nomor rangka dan nomor mesinnya. Berikut ini adalah contoh penomoran pada rangka dan mesin pada Vespa Douglas: